Kalah dari Persipura, Persija Makin Terpuruk di Zona Degradasi

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 11 Sep 2019, 20:32 WIB
Persija Jakarta

Bola.com, Tenggarong - Persija Jakarta kembali menelan kekalahan pada pentas Shopee Liga 1 2019. Tim Macan Kemayoran kali ini harus mengakui kekalahan 0-2 dari Persipura Jayapura pada laga tunda pekan ke-11 yang berlangsung di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Rabu (11/9/2019).

Kekalahan ini membuat Persija makin terpuruk di zona degradasi, yakni menghuni peringkat ke-17 dengan 14 poin. Adapun Persipura naik ke peringkat delapan dengan 23 poin.

Bermain di tempat netral tak mengendurkan semangat kedua tim. Namun, Persija lebih dulu mendapatkan peluang pada menit ketiga melalui aksi Rezaldi Hehanusa. Tetapi, bola hasil sepakannya masih bisa ditepis kiper Persipura kawalan Dede Sulaiman.

Persipura baru memberikan ancaman pada menit ke-13. Namun, bola hasil sundulan Muhammad Tahir belum bisa disempurnakan oleh Boaz Solossa.

Persija kembali membuang peluang pada menit ke-23. Sundulan Marko Simic setelah menerima umpan Rezaldi masih melebar dari gawang Persipura.

Begitu juga dengan peluang Riko Simanjuntak pada menit ke-42. Namun, bola hasil sepakannya kembali dimentahkan Dede Sulaimain.

Hingga turun minum, tak ada gol yang mampu diciptakan Persija Jakarta dan Persipura Jayapura.

2 of 3

Babak Kedua

Persipura mengawali babak kedua dengan permainan agresif. Tim Mutiara Hitam menggempur lini pertahanan Persija dari berbagai sisi.

Pada menit ke-66, Persipura akhirnya memecah kebuntuan melalui Gunansar Mandowen. Menerima operan, Mandowen kemudian melepaskan tembakan kaki kanan dari kotak penalti yang merobek pojok kanan bawah gawang Shahar Ginanjar.

Lima menit kemudian, Persipura kembali mencetak gol melalui Boaz Solossa. Memanfaatkan umpan Todd Rivaldo Ferre, Boaz kemudian melepaskan tembakan loop dengan kaki kanan yang merobek pojok kanan atas gawang Persija.

Persipura kembali mengancam pada menit ke-75 melalui aksi Todd. Namun, bola tembakan loop-nya kali ini berhasil dimentahkan Fachrudin Aryanto.

Di sisa waktu pertandingan, Persipura makin mengurung lini pertahanan Persija. Namun, sampai wasit meniup peluit panjang tak ada gol tambahan dalam laga tersebut.

3 of 3

Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper), Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, Andre Ribeiro, Israel Wamiau (belakang), Muhammad Tahir, Oh In-kyun, Ian Kabes (tengah), Todd Rivaldo Ferre, Boaz Solossa, Mamadou Samassa (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago (Brasil)

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper), Dany Saputra, Xandao, Fachrudin Aryanto, Maman Abdurrahman (belakang), Rezaldi Hehanusa, Tony Sucipto, Sandi Sute (tengah), Joan Tomas, Riko Simanjuntak, Marko Simic (depan)

Pelatih: Julio Banuelos (Spanyol)

Lanjutkan Membaca ↓