Kalah dari PSIS, Darije Kalezic Sebut PSM tidak Beruntung

Oleh Abdi Satria pada 11 Sep 2019, 20:30 WIB
PSM Makassar vs PSIS Semarang

Bola.com, Makassar - PSM Makassar akhirnya tumbang di markas sendiri musim ini. Juku Eja dikalahkan PSIS Semarang 0-1 pada laga tunda pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Rabu (11/9/2019).

Menurut pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, skuatnya kalah karena faktor keberuntungan tidak berpihak pada Juku Eja. Dia merujuk sejumlah emas yang gagal berbuah gol.

"Padahal, kami hanya butuh satu gol untuk menang karena PSIS datang ke Makassar dengan permainan bertahan untuk mendapatkan poin. Gol mereka terjadi karena kesalahan dari kami sendiri," ujar Darike pada sesi jumpa media setelah pertandingan.

Selain faktor ketidakberuntungan, Darije mengakui dari sisi teknis, skuatnya tidak bermain seperti pertandingan kandang sebelumnya. PSM seperti mengikuti irama pernainan yang dinginkan PSIS.

"Seperti lawan kami sebelum ini, saya prediksi PSIS akan bermain defensif. Masalahnya, kami tidak bermain cepat untuk membuat celah di pertahanan mereka," jelas Darije.

Darije menambahkan, sebenarnya penampilan PSM Makassar mulai membaik di babak kedua, setelah bermain dengan umpan bola panjang ke lini belakang PSIS.

"Cara itu membuat kami mendapatkan dua peluang. Tapi, ya itu, PSM tetap tidak mendapatkan gol satupun," ucapnya.

Terkait penampilan Raphael Maitimo dan Amido Balde yang dinilai tidak optimal, Darije langsung menepisnya.

"Raphael tidak membuat kesalahan. Kalau pun saya menggantinya dengan Ferdinand Sinaga, itu semata karena saya ingin PSM lebih ofensif," jawab sang pelatih.

2 of 2

Kekalahan Terakhir

Darije Kalezic
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, saat melawan Pemain Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/7). Persija menang 1-0 atas PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Begitu pula dengan Balde. Di mata Darije, Balde sudah berusaha keras untuk mencetak gol.

"Setidaknya, dia sudah berada pada saat yang tepat ketika menerima umpan. Dia hanya tidak beruntung. Hal sama yang dialami Wiljan Pluim, Zulham Zamrun dan M. Arfan," tutur Darije.

Pada kesempatan sama, bek PSM, Abdul Rahman, berharap kekalahan dari PSIS jadi yang terakhir di Makassar.

"Kami tentu segera melakukan introspeksi. Terutama saya sendiri. Semoga pada selanjutnya, PSM mendapatkan hasil yang lebih baik," kata Abdul Rahman.

Lanjutkan Membaca ↓