Sukses


Menghitung Peluang Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 Setelah Kalah Beruntun

Bola.com, Jakarta - Kekalahan beruntun pada dua laga penyisihan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia membuat Timnas Indonesia berada dalam posisi tak ideal. Perjalanan pasukan asuhan pelatih Simon McMenemy ini makin terjal baik menuju Piala Dunia 2022 maupun Piala Asia 2023.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memang menjadikan kualifikasi Piala Dunia 2022 sebagai jalan menuju Piala Dunia 2022 di Qatar dan Piala Asia 2023.

Bagi tim yang menjadi juara Grup A-H dan empat runner-up terbaik, mendapatkan golden ticket menuju putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 dan lolos langsung ke Piala Asia 2023 yang akan digelar di China.

Kesempatan tim lainnya untuk tampil di Piala Asia 2023 belum sepenuhnya tertutup. Tim penghuni peringkat ketiga bisa meraih tiket melalui jalur babak kualifikasi putaran ketiga Piala Asia 2023.

Sementara itu, tim yang berada di posisi keempat dan kelima akan mengikuti jalur play-off lebih dulu untuk bisa tampil di putaran ketiga. Semua peserta akan memperebutkan 12 kuota tersisa untuk tampil di Piala Asia 2023.

Melihat dua kekalahan yang dialami Timnas Indonesia, yakni 2-3 dari Malaysia (5/9/2019) dan 0-3 dari Thailand (10/9/2019), sudah sewajarnya masyarakat memang tak perlu lagi berharap Timnas Indonesia bisa mencetak sejarah untuk tampil di Piala Dunia 2022. Jangankan Piala Dunia, Piala Asia 2023 pun berat.

Timnas Indonesia saat ini berada di dasar klasemen Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan nol poin. Tim Merah-Putih tentu wajib memetik kemenangan pada enam laga sisa untuk target yang lebih realistis, yakni tampil di Piala Asia 2023.

2 dari 2 halaman

Wajib Sapu Bersih

Timnas Indonesia memiliki enam laga sisa di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Perjuangan akan terasa berat karena empat dari enam laga tersebut berstatus laga tandang ke Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Dengan situasi tim yang saat ini, menang di kandang saja sulit apalagi bermain tandang, membuat perjuangan Timnas Indonesia tak mudah. Pasukan asuhan pelatih Simon McMenemy ini harus fokus untuk memetik kemenangan dan mengumpulkan poin sebanyak mungkin.

Selain itu, Timnas Indonesia sebisa mungkin untuk meminimalisasi kebobolan dan memaksimalkan mencetak gol. Nantinya, Timnas Indonesia punya peluang meraih tiket ke Piala Asia 2023 melalui jalur peringkat ketiga dan keempat, alias tak jadi juru kunci di Grup G.

Video Populer

Foto Populer