Timnas Indonesia U-16 Menatap Kualifikasi Piala AFC dengan Optimistis

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 14 Sep 2019, 15:15 WIB
Diperbarui 16 Sep 2019, 12:20 WIB
Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 akan memulai kiprah di Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 dengan menghadapi Filipina di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019). Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, menegaskan kesiapan timnya dan rasa optimistis memperlihatkan performa terbaik di turnamen kualifikasi ini.

Grup G Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 dimulai hari ini, Sabtu (14/9/2019) hingga 22 September mendatang. Dalam pertandingan hari pertama, Brunei Darussalam menghadapi China dan Filipina menghadapi Kepulauan Mariana Utara. Timnas Indonesia U-16 baru akan bermain pada Senin (16/9/2019).

Bicara mengenai kesiapan tim asuhannya, Bima Sakti dalam sikap optimistis yang tinggi. Sejumlah persiapan, terutama laga uji coba internasional yang dijalani Timnas Indonesia U-16 usai mengikuti Piala AFF U-15 2019, membuat mantan pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

"Secara umum kami sudah siap untuk pertandingan kualifikasi ini. Pemain sudah memiliki banyak pengalaman, seperti ketika mengikuti Piala AFF dan beberapa kali uji coba di Myanmar dan Qatar," ujar Bima Sakti seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

"Sejumlah laga uji coba itu sangat berharga untuk kualifikasi Piala AFC ini. Semoga kami bisa memberikan yang terbaik. Satu hal yang pasti, kami sebagai tuan rumah selalu ingin memenangi pertandingan. Saya yakin dengan kemampuan pemain yang sudah sengaja kami pilih yang multi-posisi," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-16 pun telah melakukan latihan perdana jelang pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-16 menghadapi Filipina, di Stadion Madya, Senayan, Senin (16/9).

 

 

2 dari 3 halaman

Terus Meningkatkan Transisi dan Penyelesaian Akhir

Timnas Indonesia U-16
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat pemusatan latihan di Sawangan, Senin (13/5). Sebanyak 41 anak mengikuti seleksi untuk memperkuat timnas di Piala AFF U-15 2019 di Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bima Sakti menegaskan sedang memperbaiki transisi negatif dan penyelesaian akhir pada latihan perdana Timnas Indonesia U-16. Dari beberapa turnamen yang sudah dijalani, memang hal ini yang menjadi catatan dari Skuat Garuda Muda.

“Kami memperbaiki penyelesaian akhir. Saya juga menekankan tadi ada transisi dari menyerang ke bertahan kemudian sebaliknya, karena ini memang jadi catatan saya dari beberapa turnamen terakhir yang kami ikuti,” tutur Bima.

Bima juga ingin para pemainnya benar-benar memanfaatkan kelebihan yang mereka miliki. Satu yang akan menjadi senjatanya adalah kecepatan para pemain Timnas Indonesia U-16.

“Kami tekankan kepada mereka harus bisa memaksimalkan kelebihan-kelebihan yang mereka miliki. Mereka memiliki kecepatan dan harus aktif begitu habis menyerang, mereka harus cepat dalam melakukan pertahanan, itu akan jadi kunci dari permainan kami,” pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia U-16
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat pemusatan latihan di Sawangan, Senin (13/5). Sebanyak 41 anak mengikuti seleksi untuk memperkuat timnas di Piala AFF U-15 2019 di Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Penjaga Gawang:

  1. I Made Putra Kaicen (Bali United)
  2. Nevin Geraldo Kosasih (Perseru BLFC)
  3. Ahmad Rifai (Askab Bekasi)

Pemain Bertahan:

  1. Marcell Januar Putra (Bali United)
  2. Kadek Arel Priyatna (Bali United)
  3. Dimas Juliono Pamungkas (Persib)
  4. Mochamad Aditya Rangga Saputra (Borneo FC)
  5. Mikael Alfredo Tata (Persipura)
  6. Alfin Farhan Lestaluhu (SKO Ragunan)
  7. Alexandro Felix Kamuru (Barito Putera)

Gelandang:

  1. Resa Aditya Nugraha (Ps Tira)
  2. Marselino Ferdinan (Persebaya)
  3. Ruy Arianto (Persebaya)
  4. Diandra Diaz Dewari (Persib)
  5. Ahmad Athallah Araihan (SKO Ragunan)
  6. Aditya Daffa Al Haqi (Barito Putera)

Pemain Depan:

  1. Muhammad Valeron (Persib)
  2. Raka Cahyana Rizky (Bekasi Raya)
  3. Elvateeh Varesia Akhada (PPLP Jateng)
  4. Wahyu Agung Drajat Mulyono (Persebaya)
  5. Fiore Rafli Alifasyah Zainal (Persija)
  6. Wahyu Pratama (Borneo FC)
  7. Mohamad Faizal Shaifullah (Persela)

Sumber: PSSI

Lanjutkan Membaca ↓