Jacksen Tiago Memuji Kecerdikan Pemain Persipura Setelah Kalahkan Persela 2-0

Oleh Gatot Susetyo pada 16 Sep 2019, 05:15 WIB
Liga Remaja UC News

Bola.com, Sidoarjo - Jacksen Tiago merupakan sosok yang jarang memuji berlebihan terhadap pemain asuhannya.

Tapi, ketika Persipura Jayapura sukses membekuk Persela 2-0 pada pekan ke-18 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Delta Sidoarjo, Minggu (14/9/2019), pelatih asal Brasil itu memuji Boaz Solossa dkk. yang tampil cerdas dan penuh improvisasi di lapangan permainan.

"Terus terang, kemenangan ini berkat IQ yang dimiliki para pemain. Mereka diberkati Tuhan YME talenta dan inteligensia tinggi bermain bola," ucapnya.

Saya amati ada beberapa momen pada  pertandingan yang sedikit melenceng dari perencanaan saat latihan. Tapi anak-anak dengan kombinasi bakat dan kecerdasannya mampu menutupi kekurangan di latihan itu dengan skill pemberian Tuhan," kata Jacksen Tiago.

Padahal, selama jadi pelatih, Jacksen menganggap wajar bila sebuah perencanaan saat latihan tak sesuai praktek di lapangan. Menurut Jacksen, tak semua pemain bisa menampilkan rancangan seratus persen.

"Perencanaan meleset itu biasa. Rencana bisa berubah sesuai situasi di permainan. Pemain juga tak mungkin bisa konstan sepanjang pertandingan tampil sesuai rencana yang kami telah sepakati bersama. Nah, di sinilah anak-anak Persipura bisa menutupinya dengan bermain cerdas," tutur Jacksen Tiago.

2 of 2

Bahu Membahu

Titus Bonai
Titus Bonai kini menjadi tulang punggung Persipura Jayapura. (Bola.com/Aditya Wany)

Mantan juru taktik Barito Putera ini juga memuji Persela yang dianggapnya tampil bagus. Namun, Jacksen Tiago tetap menilai anak asuhnya bermain lebih bagus.

"Saya harus akui Persela main bagus. Tapi saya harus apresiasi pemain saya lebih bagus. Terutama Tibo yang hari ini mencetak dua gol. Salampessy juga bekerja sangat keras di belakang."

"Pemain lain pun bahu membahu untuk meraih kemenangan. Mereka ingin menunjukkan meski main di Sidoarjo, stadion ini tetap kandang kami," tutup Jacksen.

Lanjutkan Membaca ↓