Sukses


Bus Persib Diserang, Bambang Pamungkas Beberkan Sejumlah Kemungkinan Terburuk

Bola.com, Jakarta - Penyerang flamboyan Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, turut mengomentari kejadian pelemparan batu terhadap rombongan bus Persib Bandung ketika hendak melintasi Tol Jagorawi, Sentul, Kabupaten Bogor, Sabtu (14/9/2019).

Bepe, panggilan karibnya, mengenang teror yang serupa saat bus Persija Jakarta diserang di Makassar saat ingin berhadapan dengan PSM pada leg kedua final Piala Indonesia, akhir Juli lalu.

"Setelah sebelumnya menimpa Persija Jakarta, sekarang giliran bus yang membawa Persib Bandung mengalami pelemparan batu oleh oknum suporter hingga dua pemain mengalami luka-luka," tulis Bepe dalam akun Instagramnya, @bepe20.

"Saya sependapat dengan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI), kejadian ini harus segera direspons secara tegas oleh PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi, dan kepolisian."

"Karena apapun alasannya, kekerasan dalam ruang lingkup sepak bola sudah tidak dapat ditoleransi lagi," lanjut unggahan tersebut.

Apabila pihak-pihak yang berkepentingan bergerak lambat, Bepe khawatir. Ia takut minimnya sanksi membuat kejadian tersebut terulang.

"Musim ini Persija Jakarta dan Persib Bandung telah mengalami tindakan kekerasan oleh oknum suporter. Jika tidak ada tindakan tegas dari pihak-pihak yang terkait, saya khawatir hal ini akan terus berulang dan menimpa tim-tim yang lain," tutur pemain berusia 39 tahun ini.

"Fanatisme suporter di Indonesia memang luar biasa, ini adalah aset yang sangat berharga bagi sepak bola kita. Namun jika hal tersebut sudah malampaui batas, maka dapat berujung anarki, dan pada akhirnya akan merugikan kami semua," imbuh Bepe.

 
 
 
View this post on Instagram

👨🏻 . Setelah sebelumnya menimpa @persijajkt, sekarang giliran bis yang membawa tim @persib_official, mengalami pelemparan batu oleh oknum suporter hingga mengalami luka-luka. . Saya sependapat dengan @appi_info, jika kejadian ini harus segera direspon secara tegas dan keras oleh @officialpssi (PSSI), operator liga, dan juga Kepolisian. Karena apapun alasannya, kekerasan dalam ruang lingkup sepak bola sudah tidak dapat ditoleransi lagi. . Musim ini Persija Jakarta dan Persib Bandung telah mengalami tindakan kekerasan oleh oknum suporter. Jika tidak ada tindakan tegas dari pihak-pihak yang terkait, saya khawatir hal ini akan terus berulang dan menimpa tim-tim yang lain. . Fanatisme suporter di Indonesia memang luar biasa, ini adalah aset yang sangat berharga bagi sepak bola kita. Namun jika hal tersebut sudah malampaui batas, maka dapat berujung anarkis, dan pada akhirnya akan merugikan kita semua. . Coba bayangkan: . Jika dikarenakan tindakan suporter tersebut membuat ijin keamanan, dan penyelenggaraan pertandingan sepak bola menjadi sulit didapat? . Atau dikarenakan sepak bola sudah dianggap menjadi aktifitas yang membahayakan masyarakat, maka pemerintah mencabut rekomendasi liga, sehingga dengan sangat terpaksa liga harus dihentikan? . Jika amit-amit sampai begitu, siapa yang kemudian dirugikan? Pernahkah itu terpikir di benak kita? . Secara prestasi sepak bola Indonesia ini belum memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan. Jadi jangan lagi ditambah dengan hal-hal yang sifatnya memperburuk citra sepak bola Indonesia. . Saya masih percaya jika kita semua adalah orang-orang beradab. Maka dari itu mari kita hentikan kebiasaan buruk ini. . We are so much better than this ✊🏻 . #PesepakbolaBersatu #UntukSepakbolaIndonesiaYgLebihDewasa #UntukSepakbolaIndonesiaYgLebiBaik . Tetap Semangat dan Sukses Selalu ✊🏻 . ••••

A post shared by ~ Bambang Pamungkas ~ (@bepe20) on

2 dari 2 halaman

Sejumlah Kemungkinan

Bepe mencoba menelaah sejumlah kemungkinan apabila suporter terus bertindak anarki. Satu di antaranya ialah potensi kompetisi bubar di tengah jalan.

"Coba bayangkan. Jika dikarenakan tindakan suporter tersebut membuat izin keamanan, dan penyelenggaraan pertandingan sepak bola menjadi sulit didapat?" kata Bepe.

"Atau dikarenakan sepak bola sudah dianggap menjadi aktivitas yang membahayakan masyarakat, maka pemerintah mencabut rekomendasi kompetisi, sehingga dengan sangat terpaksa kompetisi harus dihentikan?"

"Jika amit-amit sampai begitu, siapa yang kemudian dirugikan? Pernahkah itu terpikir di benak kita? Secara prestasi sepak bola Indonesia ini belum memiliki sesuatu yang dapat dibanggakan. Jadi jangan lagi ditambah dengan hal-hal yang sifatnya memperburuk citra sepak bola Indonesia," terang Bepe.

Mengakhiri pernyataannya, Bepe mengajak seluruh suporter untuk berhenti melakukan tindakan yang berdampak negatif. "Saya masih percaya jika kita semua adalah orang-orang beradab. Maka dari itu mari kita hentikan kebiasaan buruk ini," kata Bepe, mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer