Ucapkan Selamat, Liestiadi Berharap Timnas Indonesia U-16 Lebih Konsisten

Oleh Gatot Susetyo pada 17 Sep 2019, 07:45 WIB
Timnas Indonesia U-16 Vs Filipina

Bola.com, Jakarta - Liestiadi memberi ucapan selamat atas kemenangan Timnas Indonesia U-16 kontra Filipina U-16 dengan skor 4-0 pada laga Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya Senayan Jakarta, Senin (16/9/2019).

Namun, dia mengingatkan anak asuh Bima Sakti harus tampil lebih konsisten pada pertandingan berikutnya. Terutama penerapan bermain bola-bola pendek yang lebih membuka peluang memenangkan laga.

"Saya tetap memberi apresiasi tinggi atas kemenangan ini. Tapi jangan jemawa dulu, karena tim yang dikalahkan sekelas Filipina. Di sana (Filipina) sepak bola bukan olahraga favorit. Mereka lebih fokus pada bola basket," kata Liestiadi.

"Tapi apapun, ini awal bagus untuk pertandingan selanjutnya. Kuncinya, anak-anak Timnas U-16 harus punya karakter dalam bermain. Jika mereka terbiasa dengan bola-bola pendek, itu harus terus diasah dan diterapkan," kata Liestiadi.

Liestiadi mengamati anak-anak muda ini punya kualitas teknik bagus dengan sentuhan bola pendek.

"Ya, boleh-boleh saja sekali-kali pakai umpan bola panjang. Tapi harus dengan pertimbangan matang. Selain itu, mereka juga harus bermain taktis. Saya lihat rata-rata pemain Timnas Indonesia U-16 bagus. Bima Sakti juga bisa meramu kelebihan ini menjadi kekuatan," ujarnya.

2 of 2

Wajib Juara Grup

Klasemen Piala AFC U-16
Timnas Indonesia U-16 menang 4-0 atas Filipina pada laga pertama Grup G babak Kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9/2019) malam WIB. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Liestiadi juga memprediksi tim Garuda Muda ini bisa keluar sebagai juara Grup G, meskipun di grup ini ada China.

"Saya tak meragukan lagi prestasi sepak bola Indonesia untuk kelompok umur seperti U-16 ini. Pesaing terberat mungkin hanya Cina. Tapi saya yakin Timnas U16 bisa menyingkirkan mereka.

"Apalagi kita main di kandang sendiri. Timnas Indonesia U-16 harus berprestasi untuk menutupi kegagalan timnas senior yang babak belur di kualifikasi Piala Dunia 2022," ucapnya.  

Lanjutkan Membaca ↓