Pesta Gol ke Gawang Filipina, Timnas Indonesia U-16 Sempat Gugup Ditonton Ribuan Suporter

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 16 Sep 2019, 22:35 WIB
Diperbarui 18 Sep 2019, 20:17 WIB
Timnas Indonesia U-16 Vs Filipina

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 berhasil mengawali Kualifikasi Piala AFC U-16 babak penyisihan Grup G dengan meyakinkan. Menjamu Filipina di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9/2019), skuat berjulukan Garuda Muda itu berpesta empat gol tanpa balas.

Adapun, empat gol Timnas Indonesia U-16 dibukukan oleh Ahmad Athallah Araihan pada menit ke-36, Marselino Ferdinan menit ke-46, Alfin Farhan menit ke-57, dan Wahyu Agung menit ke-78.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti menuturkan, timnya sempat gugup karena tak terbiasa bertanding di hadapan ribuan suporter. Kala berkiprah pada Piala AFF U-15 2019 di Thailand, turnamen mini di Myanmar, dan uji coba di Qatar, Garuda Muda hanya ditonton segelintir orang.

"Pertama saya mengucapkan syukur kami bisa memenangkan pertandingan hari ini. Pertandingan pertama biasa, memang sedikit gugup. Apalagi ini pertandingan pertama mereka di Indonesia dan ditonton 3.000 penonton," kata Bima pada konferensi pers setelah pertandingan.

"Karena sewaktu di Piala AFF U-15, penonton tak terlalu banyak, paling hanya 100 orang. Kemudian di Myanmar juga begitu, penonton hanya 200 orang aja. Apalagi di Qatar, tak ada penontonnya," imbuh Bima.

2 dari 2 halaman

Punya Banyak Peluang

Timnas Indonesia U-16
Suporter memberi dukungan pada Timnas Indonesia U-16 di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9/2019). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Akibat ketegangan itu, Bima menyebut Timnas Indonesia U-16 seharusnya bisa mencetak lebih dari empat gol. Alhasik, Bima berencana untuk memperbaiki penyelesaian akhir Garuda Muda.

"Jadi penonton membuat kami sedikit tegang. Oleh sebab itu, sebenarnya kami punya banyak peluang, banyak kans untuk bisa bikin gol karena gol sangat penting," tutur Bima.

"Oleh sebab itu, tadi saya sampaikan kepada pemain, banyak evaluasi terutama masalah penyesaian akhir, kemudian saat bertahan juga harus lebih fokus lagi," imbuhnya.

Lanjutkan Membaca ↓