Persebaya Melepas Manuchehr Jalilov karena Sibuk di Timnas Tajikistan

Oleh Aditya Wany pada 17 Sep 2019, 21:40 WIB
Manuchehr Jalilov

Bola.com, Surabaya - Keputusan Persebaya mencoret Manuchehr Jalilov menjadi kejutan. Tim Bajul Ijo mengumumkan kabar itu pada satu hari setelah penutupan bursa transfer, tepatnya Selasa (17/9/2019).

Selama ini tak ada rumor Persebaya bakal melepas pemain berpaspor Tajikistan itu. Sebab, Jalilov memiliki catatan yang sangat mentereng bersama Persebaya sejak bergabung awal musim ini.

Jalilov juga memegang peran penting sebagai penyerang sayap Persebaya. Dia membukukan enam gol dan pernah menjadi top scorer Piala Presiden 2019 dengan gelontoran lima gol.

Asisten pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal, memiliki pertimbangan lain perihal keputusan melepas pemain berusia 28 tahun itu.

"Jalilov selama Oktober nanti hampir satu bulan tidak tersedia karena memiliki agenda bersama Timnas Tajikistan. Itu pertimbangan kami," kata Pikal kepada wartawan, Selasa (17/9/2019).

Jalilov belakangan ini memang menjadi tulang punggung timnas negaranya. Terakhir, dia tampil dalam dua laga Timnas Tajikistan kontra Kirgizstan dan Mongolia di kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia berhasil ikut memberi kemenangan.

2 of 2

Pemanggilan ke Timnas

Manuchehr Jalilov
Striker Persebaya Surabaya, Manuchehr Jalilov, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persebaya menang 3-2 atas Perseru. (Bola.com/Yoppy Renato)

Di sisi lain, Persebaya harus kembali merelakan banyak pemain untuk gabung ke Timnas Indonesia pada jeda internasional Oktober 2019. Beberapa pemain lokal diprediksi akan kembali absen memperkuat Bajul Ijo untuk memenuhi panggilan ke Timnas Indonesia.

Kompetisi Liga 1 2019 sebenarnya libur saat penyelenggaraan FIFA Match Day itu. Namun, Timnas Indonesia kerap mengadakan pemusatan latihan sebelum laga digelar. Hal yang sama terjadi pada Jalilov bersama Timnas Tajikistan

"Makanya kami mendatangkan Diogo Campos. Kami maksimalkan yang ada," imbuh Pikal.

Slot Jalilov kini sudah diisi Diogo Campos, pemain asal Brasil yang sebelumnya membela Kalteng Putra. Dia melengkapi jumlah pemain asing Persebaya yang telah dihuni oleh David da Silva, Otavio Dutra, dan Aryn Williams.

Lanjutkan Membaca ↓