Sukses


Penjualan Hak Siar Timnas Indonesia Vs Vietnam Cetak Sejarah

Bola.com, Jakarta - Euforia masih terus melanda pencinta sepak bola Vietnam menyusul penampilan apik timnas senior dan U-23 yang dicatatkan hampir dua tahun terakhir ini. Imbasnya, segala hal berbau Timnas Vietnam, selalu menyita perhatian publik.

Tiket pertandingan kandang yang melibatkan Timnas Vietnam senior dan level U-23 belakangan ini selalu ludes terjual dalam hitungan menit. Bahkan dalam beberapa momen, tiket untuk laga tandang yang disiapkan panpel lawan, juga ludes diborong. 

Hal itu terjadi pada laga pertama Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Thailand di Thammasat Stadium, Pathum Thani (5/9/2019). Lebih dari 2.000 tiket yang dialokasikan panpel Thailand untuk fan Vietnam, sold out hanya dalam waktu lima menit.

Keinginan tinggi untuk menyaksikan sekaligus mendukung secara langsung di stadion, dibarengi dengan minat tinggi menyaksikan dari layar kaca maupun agenda nonton bareng yang digelar kalangan suporter.

Hak siar pertandingan yang melibatkan Timnas Vietnam pun jadi buruan perusahaan media di Vietnam. Khusus untuk laga kandang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Next Media sudah menjadi pemegang hak siar.

Namun, beda halnya untuk hak siar partai tandang. Media di Vietnam harus kembali bersaing, ikut bidding lagi.

Media-media di Vietnam belum lama ini menulis, hak siar untuk laga Timnas Indonesia versus Timnas Vietnam di Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, 15 Oktober 2019, memecahkan rekor sepanjang sejarah untuk laga tunggal yang melibatkan Timnas Vietnam.

2 dari 2 halaman

Pecahkan Rekor

Sesuai aturan dari AFC, hak siar laga kandang ada pada federasi tuan rumah. Jadi dalam konteks duel Indonesia vs Vietnam, hak siar dimiliki PSSI. Seperti diketahui, hak siar itu sudah dijual kembali ke pihak ketiga.

Jadi, pihak Vietnam harus membeli hak siar itu dari pihak ketiga tersebut. Thanh Nien menulis, harga hak siar laga Indonesia vs Vietnam itu mencapai 400 ribu dolar AS (Rp5,6 miliar).

Jumlah tersebut lebih tinggi sekitar 80 ribu dolar AS (Rp1,1 miliar) dari hak siar partai Thailand vs Vietnam lalu, serta pertandingan Timnas Vietnam di King's Cup pada Juni 2019, yang mencapai sekitar 300 ribu dolar AS (Rp4,2 miliar).

Meski begitu, hak siar partai Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam ini berpotensi dipecahkan saat putaran final Piala AFC U-23 pada 2020. Thanh Nien menyebutkan hak siar untuk turnamen itu, yang melibatkan Timnas Vietnam, bisa mencapai hingga puluhan miliar dong Vietnam.

Sebagai catatan, Timnas Vietnam U-23 berstatus finalis pada edisi 2018 setelah menjadi kuda hitam. Di partai puncak, tim asuhan pelatih Park Hang-seo itu kalah 1-2 dari Uzbekistan.

Sumber: Thanh Nien

Video Populer

Foto Populer