Sukses


Wolfgang Pikal Belum Sah Jadi Asisten Pelatih Persebaya Jelang Hadapi PSIS

Bola.com, Surabaya - Status Wolfgang Pikal sebagai asisten pelatih Persebaya masih menggantung. Namanya belum disahkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga hingga sehari menjelang pertandingan pertandingan kontra PSIS Semarang di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jumat (20/9/2019).

Itulah mengapa Pikal tidak hadir dalam sesi konferensi pers sebelum pertandingan yang digelar pada Kamis (19/9/2019). Sebagai pengganti, asisten pelatih Bejo Sugiantoro mewakili Persebaya untuk berbicara dalam sesi tersebut.

"Jangan salah tafsir dengan keberadaan saya. Saya sampaikan, di sini, saya mewakili coach Wolfgang Pikal. Saya sebagai asisten pelatih,” ungkap Bejo kepada awak media.

"Coach Pikal juga asisten yang merupakan tangan kanan coach Alfred Riedl. Dengan proses yang belum beres, mungkin besok saat pertandingan belum bisa mendampingi pemain di bangku cadangan," imbuhnya.

Pikal terpaksa hanya duduk di tribune penonton saat Persebaya melawat ke markas Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Jumat (13/9/2019). Alasannya sama, statusnya belum sah sebagai asisten pelatih Persebaya.

2 dari 2 halaman

Persebaya Kena Denda?

Di sisi lain, situasi ini bakal membuat Persebaya terkena denda. Pertama, mereka belum juga memiliki pelatih kepala sampai lebih dari 30 hari setelah memecat Djadjang Nurdjaman. Alfred Riedl yang ditunjuk sebagai pengganti, belum tiba di Indonesia.

Kedua, sesi konferensi pers itu seharusnya dihadiri oleh pelatih kepala, baik sebelum maupun setelah pertandingan. Kecuali, sang pelatih kepala izin untuk alasan tertentu, yang telah diperbolehkan oleh operator liga.

"Saya mewakili untuk memenuhi aturan dari PT LIB supaya kami tidak menyalahi itu. Tim kami datang ke sini dengan arahan dari coach Wolfgang Pikal. Seandainya disahkan, saya tidak akan berada di sini," ucap Bejo.

Video Populer

Foto Populer