Prediksi Semen Padang Vs PSM: Waspadai Kebangkitan Kabau Sirah

Oleh Abdi Satria pada 23 Sep 2019, 06:15 WIB
Semen Padang FC Vs PSM Makassar

Bola.com, Padang - Semen Padang ingin menjadikan duel kontra PSM Makassar sebagai momen untuk memperbaiki peringkat di klasemen sementara Liga 1. Kedua tim akan bertanding di Stadion H. Agus Salim, Padang, Senin (22/9/2019), dalam pekan ke-20 Shopee Liga 1 2019.

Pelatih Semen Padang, Eduardo Almeida, mengungkapkan dirinya tidak banyak melakukan perubahan strategi dan taktik di Semen Padang.

"Saya hanya memberikan pemahaman ke pemain bagaimana tampil sesuai intruksi dan strategi. Motivasi pemain yang tinggi membuat strategi berjalan dengan baik," kata Eduardo.

Meski begitu, Eduardo merasa perlu mengingatkan pemainnya agar waspada. Karena dimatanya PSM tetap tim solid meski datang ke Padang tanpa sejumlah pilar. Termasuk striker Amido Balde (cedera) dan bek Aaron Evans (akumulasi kartu).

"Pelatih PSM tentu sudah menyiapkan antisipasinya," kata Eduardo.

Hal senada dikatakan M. Rifqi, bek Semen Padang. Menurutnya, selain fokus menjaga daerah, pemain lini belakang kini punya tujuan jelas saat menguasai bola.

Lini depan Semen Padang lebih baik dengan kehadiran Vanderlei Fracisco yang ditunjang gelandang serang, Flavio Beck Junior.

"Kehadiran pemain baru terutama striker sangat membantu Semen Padang. Menghadapi PSM, tentu kami ingin hasil lebih baik dibandingkan menahan imbang Persib," tegas Rifqi.

2 of 3

Strategi Khusus PSM

Piala Presiden 2019 : Bali United Vs Semen Padang
Bek Bali United, Dias Angga, duel udara dengan kapten Semen Padang, Irsyad Maulana, pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Senin (11/3). Bali United menang 2-1 atas Semen Padang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic mengungkapkan dirinya sudah menyiapkan strategi khusus untuk mewujudkan target tiga poin di Padang. Tak hanya dari sisi teknis, tapi juga mengantisipasi kondisi permukaan lapangan Stadion Agus Salim yang rata dan keras.

Menghadapi Semen Padang, Darije tak bisa memainkan pilar lini belakang, Aaron Evans yang terjerat akumulasi kartu kuning. Sebagai pengganti Evans, Darije menyiapkan Munhar sebagai pendamping Abdul Rahman di posisi bek sentral.

Di lini ini, Darije bisa bernafas lega karena sudah bisa memainkan bek sayap, Asnawi Mangkualam dan Beny Wahyudi. Sebelumnya, kedua bek ini harus absen saat PSM menekuk Tira Persikabo 2-0 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin (19/9/2019).

Darije pun bisa memainkan Zulham Zamrun sebagai penyerang sayap setelah eks Persib Bandung ini terbebas dari sanksi kartu. Kalau pun nantinya Zulham tidak optimal, Darije punya opsi pada diri Rizky Eka Pratama, winger muda yang tampil menawan menghadapi Tira Persikabo.

Sementara di lini tengah, trio Wiljan Pluim, Marc Klok dan Rizky Pellu jadi penyeimbang plus pengatur irama permainan PSM. Peran trio ini sangat dibutuhkan PSM. Apalagi, Darije mengungkapkan sulit buat PSM tampil dengan penampilan 100% terkait kondisi lapangan.

"Sulit buat kami tampil dengan kondisi normal. Tapi, saya tegaskan, PSM datang ke Padang untuk meraih tiga poin. Sebagai pelatih, saya tentu menyiapkan strategi khusus untuk mewujudkannya," tegas Darije.

3 of 3

Prediksi Susunan Pemain

PSM Makassar
Skuat PSM jelang bertolak meninggalkan Makassar untuk melakoni tiga laga tandang beruntun. (Bola.com/Abdi Satria)

Semen Padang (4-4-2): Teja Paku Alam (kiper); Agung Prasetyo, Dendy Gusmawan, M. Rifqi, Roni Rosadi (belakang); Dedi Hartono, Flavio Beck Jr., Leo GUntara, Yu Hyun-koo (tengah); Dany Karl Max, Vanderlei Fracisco (depan).

Pelatih: Eduardo Almeida

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper);Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Munhar, Bey Wahyudi (belakang); Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizky Pellu (tengah); Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, M. Rahmat (depan).

Pelatih: Darije Kalezic

Lanjutkan Membaca ↓