Hadapi Bali United, Pemain Persebaya Diminta Tak Besar Kepala

Oleh Aditya Wany pada 23 Sep 2019, 05:00 WIB
Wolfgang Pikal

Bola.com, Surabaya - Pemain Persebaya Surabaya masih dalam suasana euforia setelah menang besar di markas PSIS Semarang. Mereka berpesta gol dan membawa pulang poin penuh dengan menang 4-0 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (20/9/2019).

Tak banyak waktu yang dimiliki oleh Ruben Sanadi dkk. untuk larut dalam kemenangan itu. Sebab, Persebaya dijadwalkan menjamu sang pemuncak klasemen, Bali United, dalam pekan ke-20 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (24/9/2019). 

Wolfgang Pikal, asisten pelatih Persebaya yang status belum disahkan PT LIB, meminta pemainnya tidak menganggap remeh Bali United. Setelah kemenangan besar di laga tandang, duel melawan Bali United tidak akan berjalan mudah.

“Kami ingatkan pemain, jangan terlalu percaya diri danbesar kepala. Kami harus tetap rendah hati dan kerja keras. Kami belum apa-apa, kami baru bikin empat poin di putaran kedua,” kata pelatih berusia 51 tahun tersebut. 

Peringatan Pikal itu cukup beralasan. Dua kali mereka berlaga di laga tandang selama putaran kedua melawan dua tim papan tengah. Pertama terjadi saat menahan imbang 1-1 Kalteng Putra (13/9/2019), sebelum mempermalukan PSIS.

Bali United jelas berada dalam level yang berbeda dibanding dua klub tersebut. Sang penguasa klasemen itu telah melewati 10 laga terakhir tanpa kekalahan, rinciannya sembilan menang dan satu seri.

“Kami tahu lawannya bagus. Bali United sudah 14 kali menang dan memiliki banyak pemain top. Ada tujuh “pemain asing” di sana, termasuk pemain naturalisasi. Persebaya Surabaya tidak mungkin bermain dengan kepala besar atau sombong,” imbuhnya. 

2 of 2

Catatan Impresif Bali United

Bali United Vs Persebaya Surabaya
Persebaya Surabaya menelan kekalahan 1-2 dari Bali United pada laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (16/5/2019) malam WIB. (dok. Persebaya Surabaya)

Sebagai pemuncak klasemen, Bali United telah membukukan catatan impresif. Satu di antaranya adalah hanya kebobolan 11 gol dari 18 pertandingan. Itu menjadi angka terbaik yang dimiliki oleh kontestan Liga 1 2019.

Hal itulah yang membuat Persebaya Surabaya waspada. Apalagi, Persebaya juga sudah mulai memanaskan persaingan papan atas.

Lanjutkan Membaca ↓