Sukses


Pikal Jadi Pelatih Kepala Persebaya, Sugiantoro Sempat Kirim Kode

Bola.com, Surabaya - Persebaya secara resmi membatalkan kontrak kerja sama Alfred Riedl. Kabar itu disampaikan lewat situs dan juga akun media sosial resmi klub, Rabu (25/9/2019).

Semula Alfred dikontrak menjadi pelatih kepala. Keputusan itu diambil Persebaya setelah pelatih berusia 69 tahun masih membutuhkan penanganan kesehatan.

Hal ini sekaligus menggugurkan pengumuman Riedl sebagai pelatih kepala yang dilakukan Persebaya pada 23 Agustus 2019. Setelah 33 hari, manajemen Bajul Ijo memilih nama lain untuk mengisi jabatan itu.

Sosok yang dimaksud adalah Wolfgang Pikal. Pria asal Austria itu mulanya akan berstatus asisten pelatih, bersama Bejo Sugiantoro, membantu kerja Alfred Riedl. Namun, situasi ini membuatnya naik pangkat.

Di sisi lain, kerja sama Pikal dan Bejo mampu memberikan pengaruh penting, membuat Persebaya tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir. Padahal, Pikal belum resmi masuk jajaran pelatih Persebaya karena statusnya belum disahkan.

“Kombinasi ini sudah menunjukkan performa luar biasa dalam beberapa pertandingan transisi kemarin. Kemampuan teknis serta sikap disiplin Pikal menjadi seimbang dengan gaya permainan menarik yang ditonjolkan Bejo,” kata Candra Wahyudi, manajer Persebaya.

Kolaborasi keduanya dimulai saat bertandang ke markas Kalteng Putra (13/9/2019). Saat itu, Bajul Ijo mencuri satu poin dengan laga berakhir 1-1.

Hasil pertandingan yang cukup mengejutkan terjadi pekan lalu saat melawat ke kandang PSIS Semarang dengan menang 4-0 (20/9/2019). Namun, terbaru, Persebaya ditahan 1-1 saat menjamu Bali United (24/9/2019).

2 dari 2 halaman

Kode Bejo

Sebelum penunjukan ini, Bejo sebenarnya sudah mengirim kode Pikal akan naik jadi pelatih kepala Persebaya. Hal itu terjadi dalam sesi konferensi pers setelah laga kontra Bali United.

Ketika itu Bejo mendapat pertanyaan perihal persiapan tim Bajul Ijo sebelum berangkat ke markas Barito Putera dalam laga pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 (28/9/2019).

"Mungkin yang di depan sini bukan saya nantinya. Jadi, saya tidak bisa menjawab. Mungkin ini sumbangsih terakhir saya di prescon (konferensi pers). Berikutnya, bisa langsung ditanyakan kepada Coach Wolf Pikal," ucap Bejo.

Duet dua pelatih ini akan dimulai saat Persebaya melawan Barito Putera. Namun, belum dipastikan apakah saat itu status Pikal sudah disahkan.

Yang jelas, mereka akan menghadapi lawan yang ditangani oleh pelatih Djadjang Nurdjaman, pelatih yang dipecat Persebaya pada 10 Agustus 2019.

Video Populer

Foto Populer