Sukses


Sempat Tertinggal, Tira Persikabo Harus Puas Berbagi Poin dengan Semen Padang

Bola.com, Bogor - Tira Persikabo harus puas berbagi poin dengan Semen Padang dalam laga pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jumat (27/9/2019) sore WIB. Semen Padang sempat unggul lebih dulu lewat Vanderley Francisco hingga akhirnya Osas Saha mampu menyelamatkan Tira Persikabo dari kekalahan.

Hasil imbang 1-1 yang diraih Tira Persikabo dan Semen Padang membuat tren negatif tim tuan rumah berlanjut, di mana Tira Persikabo tidak berhasil menang dalam tujuh laga terakhir secara berturut-turut. Sementara bagi Semen Padang, satu poin di Bogor tak berarti terlalu banyak karena mereka masih berada di zona berbahaya.

Permainan menyerang yang begitu gencar coba dilakukan oleh Tira Persikabo sejak menit pertama pertandingan. Tim asuhan Rahmad Darmawan itu tampak lebih luwes dalam mengalirkan bola di setiap lininya untuk mengurung pertahanan Semen Padang.

Sebuah peluang emas didapatkan Tira Persikabo pada menit ke-12 lewat Louis Parfait. Tembakan jarak jauh yang dilepaskannya cukup mengancam gawang Semen Padang meski masih tipis di atas mistar gawang yang dikawal Teja Paku Alam.

Dalam 20 menit pertama pertandingan, Tira Persikabo lebih mendominasi jalannya pertandingan dan kerap mengurung pertahanan Semen Padang. Hanya beberapa kali tim tamu mencoba untuk lepas dari tekanan lewat Flavio Beck Junior dan Irsyad Maulana.

Semen Padang kemudian menerapkan pola serangan balik untuk mengatasi permainan Tira Persikabo. Hasilnya positif bagi tim tamu yang mencetak gol pada menit ke-23 lewat Vanderley Francisco.

Memanfaatkan umpan Irsyad Maulana ke jantung pertahanan Tira Persikabo, Vanderley cukup melakukan sontekan untuk membobol gawang yang dikawal Angga Saputro. Semen Padang yang sepanjang awal pertandingan tertekan pun justru berhasil unggul 1-0.

Sebuah peluang kembali didapatkan Semen Padang untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-26 lewat Dedi Hartono. Penyerang Semen Padang itu lolos dari jebakan offside dan hanya tinggal berhadapan dengan Angga Saputro. Sayang, setelah sempat melakukan kecohan, tembakan Dedi masih melenceng dari gawang Tira Persikabo.

Dalam kondisi tertinggal, Tira Persikabo pun memilih meningkatkan serangan seperti di awal pertandingan. Namun, lini pertahanan Semen Padang mampu bermain disiplin untuk menghalau segala cara yang dilakukan tim tuan rumah untuk mencetak gol balasan.

Namun, dalam menit-menit akhir babak pertama, Semen Padang kembali menjalankan serangan demi serangan yang mengancam pertahanan Tira Persikabo, termasuk sebuah tembakan keras dari Flavio Beck Junior yang masih bisa dihalau Angga Saputro pada menit ke-45. Hingga babak pertama usai, Semen Padang unggul 1-0 atas tim tuan rumah Tira Persikabo.

 

2 dari 3 halaman

Osas Saha Selamatkan Tira Persikabo dari Kekalahan

Pada awal babak kedua, Semen Padang justru keluar menyerang. Sejumlah upaya dilakukan oleh Flavio Beck Junior dan Dedi Hartono ketika menekan pertahanan Tira Persikabo dalam lima menit pertama babak kedua. Beruntung Abduh Lestaluhu dkk. masih mampu bertahan dengan disiplin.

Tira Persikabo akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat gol Osas Saha pada menit ke-58. Striker naturalisasi Indonesia itu lolos dari jebakan offside Semen Padang saat menerima umpan terobosan lambung Guntur Triaji. Osas Saha yang tinggal berhadapan dengan Teja Paku Alam tak kesulitan untuk mencetak gol dan membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Semen Padang mendapatkan kesempatan untuk kembali unggul pada menit ke-65 lewat Vanderley Francisco. Pemain asal Brasil itu berdiri tanpa kawalan saat mengejar umpan terobosan di sisi kiri. Sayang, penetrasinya ke dalam kotak penalti Tira Persikabo tak berbuah manis karena sepakannya masih mampu dihalau Angga Saputro dengan baik.

Dalam kondisi imbang, baik Tira Persikabo maupun Semen Padang sama-sama menerapkan permainan menyerang untuk menambah keunggulan dan meraih tiga poin. Sayang, berbagai upaya dari para pemain kedua tim tak membuahkan hasil hingga laga memasuki 10 menit terakhir.

Sebuah peluang emas didapatkan Semen Padang lewat tendangan jarak jauh Flavio Beck Junior pada menit ke-89. Sayangnya, tembakan mantan pemain Borneo FC dan Bhayangkara FC itu masih melenceng dari sasaran.

Hingga tambahan tiga menit pada masa injury time berakhir, kedudukan imbang 1-1 tetap bertahan. Tira Persikabo dan Semen Padang pun harus puas berbagi poin dalam laga pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019 ini.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputro (kiper); Abduh Lestaluhu, Khurshed Beknazarov, Zoubairou Garba, Irfandi Zein Al Zubeidy (belakang); Louis Parfait, Guntur Triaji, Wawan Febrianto (tengah); Ciro Alves, Osas Saha, Loris Arnaud (depan)

  • Pelatih: Rahmad Darmawan

Semen Padang (4-3-3): Teja Paku Alam (kiper); Muhammad Rifki, Syaiful Anwar, Dedi Gusmawan, Manda Cingi (belakang); Leo Guntara, Yoo Hyun-koo, Flavio Beck Junior (tengah); Dedi Hartono, Vanderlei Francisco, Irsyad Maulana (depan)

  • Pelatih: Weliansyah

Video Populer

Foto Populer