Sukses


PSM Makassar dan 3 Klub yang Belum Pernah Menang di Kandang Lawan

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar belum juga mampu memberikan penampilan konsisten sampai pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019. Satu alasannya adalah Juku Eja belum mampu memetik kemenangan ketika menjalani laga tandang.

Pada laga terakhir, PSM Makassar dibuat babak belur oleh Persipura Jayapura setelah kalah 1-3 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jumat (27/9/2019). Kekalahan ini menjadi yang keenam dalam laga tandang Pasukan Ramang.

Secara keseluruhan, PSM mencatatkan enam kekalahan dan tiga kali bermain imbang dari total sembilan laga tandang musim ini. Pencapaian yang sangat buruk untuk tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu.

Pelatih Darije Kalezic mengakui buruknya mentalitas PSM ketika bermain di kandang lawan. Pelatih asal Bosnia itu mengaku timnya selalu gagal memetik kemenangan.

"Kami melakukan pergantian strategi dan layak mencetak gol. Akan tetapi, setelah itu hal yang selalu terulang dalam laga tandang terjadi, selalu ada momen merugikan yang kami lakukan," tegas Darije Kalezic.

Pemain Persela Lamongan merayakan gol yang dicetak Alex Goncalves ke gawang Perseru Badak Lampung pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (11/9). Perseru bermain imbang 1-1 atas Persela. (Bola.com/Yoppy Renato)

Meski demikian, PSM ternyata bukan satu-satunya tim Shopee Liga 1 2019 yang belum pernah menang dalam laga tandang. Masih ada Persela Lamongan, Persija Jakarta, dan Semen Padang yang belum pernah membawa tiga poin dari kandang lawan.

Persela meraih sembilan kekalahan dan meraih tiga kali imbang. Adapun Persija meraih lima kekalahan dan empat kali imbang, sedangkan Semen Padang meraih lima kali kekalahan dan empat kali imbang.

Buruknya penampilan pada laga tandang berdampak langsung pada peringkat di klasemen Sementara Shopee Liga 1 2019.

PSM Makassar saat ini berada di peringkat kesembilan dengan 27 poin, Persija Jakarta meraih 20 poin dan berada di peringkat ke-13, Persela Lamongan mengemas 9 poin di urutan ke-15, dan Semen Padang berada di dasar klasemen dengan 16 poin.

2 dari 2 halaman

Bali United Paling Tangguh

Jika PSM Makassar menjadi tim yang belum pernah meraih kemenangan dalam laga tandang, Bali United justru menjadi tim yang paling banyak memetik kemenangan dalam laga tandang sejauh ini di Shopee Liga 1 2019. Pasukan Tridatu berhasil meraih 18 poin dari kandang lawan dengan rincian lima kali menang dan tiga kali imbang.

Selain Bali United, ada Persebaya Surabaya dan PSS Sleman sebagai tim yang juga banyak membawa pulang poin dari kandang lawan. Keduanya sama-sama mencuri 14 poin dengan rincian empat kali menang dan dua kali imbang dalam laga tandang.

Dengan musim 2019 yang baru berjalan setengah, apapun diprediksi bisa terjadi. Tim peserta tak hanya dituntut tangguh dalam laga kandang, melainkan juga harus berbahaya di kandang lawan untuk bisa meraih poin maksimal.

Video Populer

Foto Populer