Sukses


Hadapi Persipura, Tira Persikabo Harus Ubah Skema Permainan

Bola.com, Bogor - Tira Persikabo dalam kondisi sulit untuk menghadapi Persipura Jayapura dalam laga pekan ke-22 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (2/10/2019). Tim asuhan Rahmad Darmawan itu tidak memiliki komposisi terbaik mengingat ada sekitar tujuh pemain inti terancam tak bisa bermain.

Ciro Alves dan Guntur Triaji harus absen karena akumulasi kartu kuning. Andy Setyo, dan Rifad Marasabessy mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23.

Sementara Manahati Lestusen, Abduh Lestaluhu, dan Wawan Febrianto dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Praktis Tira Persikabo kehilangan begitu banyak pemain terbaiknya.

Rahmad Darmawan sebelumnya sempat berharap kelima pemain yang mendapatkan panggilan memperkuat Timnas Indonesia diizinkan untuk membela klub lebih dulu. Namun, pelatih yang karib disapa RD itu tetap mempersiapkan rencana lain untuk menghadapi Persipura.

"Kami menyiapkan skema berbeda saat menghadapi Persipura. Kami berharap pemain mendapatkan izin, karena ada lima pemain yang bergabung ke Timnas Indonesia, dan itu bukan sesuatu yang mudah bagi kami. Apalagi ada dua pemain yang harus absen," tegas RD seperti dilansir situs resmi Liga 1.

RD pun harus mengantisipasi kemungkinan Persipura membalaskan kekalahan di putaran pertama. Tim yang kini dibesut Jacksen Tiago itu kalah 1-2 dari Tira Persikabo di putaran pertama Liga 1 2019.

"Persipura ketika bermain di Bogor cukup menguasai permainan. Namun, kami beruntung bisa menang 2-1. Berada di bawah asuhan Jacksen, Persipura sangat bagus. Mereka memiliki keterikatan yang baik. Saya rasa aura permainan Persipura telah kembali dan itu yang harus diwaspadai," ujar pelatih Tira Persikabo itu.

2 dari 2 halaman

Beruntung Bermain di Sidoarjo

Sementara itu, harus menghadapi Persipura Jayapura di Sidoarjo merupakan sebuah keuntungan bagi Tira Persikabo. Persipura harus menjalani laga kandang di Sidoarjo lantaran Stadion Mandala, Jayapura, masih harus menjalani renovasi sebagai persiapan untuk Pekan Olahraga Nasional 2020 di Papua.

"Kalau dari perhitungan jarak tempuh kami, tentu ini menguntungkan. Namun, kalau bicara Persipura, bermain di mana saja mereka tetap bisa bermain bagus seperti ketika mengalahkan PSM Makassar," ujar RD.

Meski kehilangan tujuh pemainnya, Tira Persikabo mendapat sedikit tenaga dengan hadirnya Friska Elisa Womsiwor yang sudah berlatih secara penuh sejak bergabung di awal putaran kedua. Pertandingan ini akan menjadi sangat spesial bagi Friska yang merupakan pemain yang dibesarkan oleh Persipura.

Sumber: Liga Indonesia

Video Populer

Foto Populer