Hamka Hamzah Bisa Menepi dari Arema hingga 2 Pekan

Oleh Iwan Setiawan pada 08 Okt 2019, 19:30 WIB
Hamka Hamzah

Bola.com, Malang - Kapten tim Arema, Hamka Hamzah, harus menepi setelah pertandingan melawan PSM Makassar (2/10/2019). Bek berusia 35 tahun ini mengalami cedera hamstring di paha kanan.

Selain cedera itu, ternyata Hamka juga terkena gejala tifus sehingga pemulihannya diprediksi memakan waktu lebih lama.

Dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi, menjelaskan, Hamka saat ini intensif melakukan terapi di Jakarta sehingga dia belum menangani secara langsung mantan kapten timnas Indonesia tersebut.

Tetapi, setelah melihat catatan cedera yang dibarengi gejala tifus, Hamka kemungkinan harus menepi antara 10 hari sampai dua pekan.

"Cedera Hamka masuk kategori sedang. Penyebabnya bermula dari kelelahan. Kalau pulih sesuai prediksi, pas dengan jadwal pertandingan selanjutnya melawan PSM Makassar," jelas mantan dokter timnas Indonesia U-23 itu.

Nanang menambahkan, tim medis Arema tidak terlalu risau dengan penanganan cedera pemain senior itu karena Hamka sudah paham betul harus melakukan apa yang mempercepat pemulihannya.

Hamka mengalami cedera di pengujung pertandingan Arema melawan PSM. Dia sempat keluar lapangan meminta pembalut untuk menahan sakit di pahanya. Ketika itu jatah pergantian pemain sudah habis sehingga Hamka tetap bermain untuk merampungkan pertandingan.

"Hamka sudah tahu harus melakukan apa di lapangan. Dia hanya berjalan di area tengah, tapi tetap memberikan kontribusi untuk tim," lanjut Nanang.

2 of 2

Kekhawatiran Tim Pelatih

Hamka Hamzah
Kapten Arema FC, Hamka Hamzah, pada sesi konferensi pers menjelang laga melawan PSS Sleman, Senin (23/9/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Namun, yang membuat kekhawatiran dari tim pelatih Arema, ketika Hamka harus absen saat laga selanjutnya melawan PSM di Makassar (16/10/2019), karena Arema harus mencari pengganti yang bisa menenangkan pertahanan.

Meski bek asal Brasil, Arthur Cunha da Rocha. sudah kembali, Singo Edan harus memilih pemain yang pas untuk menggantikan Hamka.

Pekan lalu, ketika Arthur absen, Hamka berpasangan dengan Ikhfanul Alam. Ketika itu Arema tidak kebobolan dan menang 2-0 dari PSM. Tetapi, pertemuan selanjutnya digelar di Makassar sehingga tekanan dari PSM diprediksi lebih kuat.

Lanjutkan Membaca ↓