Pelatih Persebaya Belum Tahu Kondisi Terkini Cedera Osvaldo Haay

Oleh Aditya Wany pada 08 Okt 2019, 21:50 WIB
Osvaldo Haay

Bola.com, Surabaya - Pemain Persebaya, Osvaldo Haay, untuk sementara tersisihkan dari Timnas Indonesia U-22. Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memutuskan meninggalkannya bersama tiga pemain lain jelang keberangkatan ke China.

Timnas Indonesia U-22 saat ini sudah berada di China untuk mengikuti turnamen CFA Team China Chong Qing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019, 9-15 Oktober 2019.

Tiga pemain lain yang ditinggal adalah Todd Rivaldo Ferre, Septian Bagaskara, dan Rifad Marasabessy. Keempatnya sedang mengalami cedera.

Pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal, mengaku belum tahu terkait kondisi Osvaldo Haay, termasuk keputusan Indra Sjafri meninggalkannya di Jakarta.

"Saya belum dengar. Saya akan langsung tanya ke manajemen. Insyaallah, saya senang kalau dia bisa balik (ke Persebaya). Kehadirannya menambah pemain bagus di tim ini karena kami kekurangan pemain," ucap Pikal.

Namun, tentu saja keinginan Pikal memainkan Osvaldo, harus terlebih dulu melihat cedera sang pemain. Apalagi setelah Timnas Indonesia U-22 kembali ke Indonesia dari China, kabarnya akan kembali menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan menuju SEA Games 2019.

Apabila saat itu cedera Osvaldo Haay telah sembuh, bukan tak mungkin ia akan mendapat panggilan gabung Timnas Indonesia U-22 lagi.

2 of 2

Kondisi Terkini

Osvaldo Haay
Pemain Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, berebut bola saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Sabtu (5/10). Latihan ini merupakan persiapan menjelang SEA Games 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)

Di sisi lain, Indra Sjafri menjelaskan keputusannya tak memasukkan Osvaldo Haay dalam daftar 26 pemain yang dibawa ke China.

"Kami patuh dengan keputusan dan saran dokter Timnas Indonesia U-22. Tanyakan kepada dokter yang cedera siapa saja, dan apa saja cederanya. Termasuk, berapa lama mereka harus istirahat," kata Indra Sjafri saat dihubungi Bola.com, Selasa (8/10/2019).

Dokter Timnas Indonesia U-22, Syarif Alwi, menjelaskan pemeriksaan yang telah dilakukannya terkait kondisi penyerang sayap Persebaya tersebut.

"Sesuai dengan pemeriksaan fisik dan MRI (magnetic resonance imaging), Osvaldo terkena partial tear ACL sinistra dengan MCL, serta ada meniscus, dan genu sinsitra kiri," jelas Syarif Alwi.

Singkatnya, Osvaldo mengalami cedera lutut bagian kiri. Tak ada penjelasan cedera itu didapatnya selama latihan atau lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓