Samakan Otavio Dutra dengan Virgil van Dijk, Pelatih Persebaya Salah Sebut Nama

Oleh Aditya Wany pada 09 Okt 2019, 21:30 WIB
Otavio Dutra

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal, mengirim pujian kepada stoper Otavio Dutra. Menurutnya, bek tengah jangkung asal Brasil itu memiliki peran penting bagi skuat Bajul Ijo di lini pertahanan.

Saking pentingnya, Pikal menyamakan Dutra dengan seorang bek kelas dunia yang kini berkarier di Eropa. Namun, pelatih asal Austria itu salah menyebutkan nama soal perbandingan yang dilakukannya.

“Dia (Dutra) orang yang sangat kuat dan bisa membaca situasi pertandingan. Dutra punya kemampuan intersep yang bagus. Bagi saya, Dutra di tim ini seperti Sergio van Dijk di Liverpool,” kata Pikal.

Pernyataan Pikal itu keliru karena tak ada pemain bernama Sergio van Dijk di Liverpool, klub papan atas Inggris. Kemungkinan, pemain yang dimaksudnya adalah Virgil van Dijk, bek asal Belanda, yang meraih gelar pemain terbaik Eropa 2019. 

Sergio dan Virgil tentu saja orang yang berbeda. Sergio van Dijk merupakan striker kelahiran Belanda yang telah mengantongi paspor Indonesia. Dia menjadi pemain Timnas Indonesia pada media 2013-2014.

Pikal pernah bekerja sama dengan Sergio saat masih menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia.

Insiden salah sebut nama itu rupanya tak membuat pelatih Persebaya Surabaya berusia 51 tahun itu sadar sehingga tidak mengoreksinya. 

2 of 2

Jiwa Kepemimpinan

Otavio Dutra
Bek Persebaya, Otavio Dutra. (Bola.com/Aditya Wany)

Terlepas dari itu, Pikal terus melontarkan pujian buat Otavio Dutra. Sang pemain saat ini mengalami cedera dan terancam absen saat Persebaya Surabaya menjamu Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (11/10/2019).

“Jiwa kepemimpinannya juga bagus sebagai pemain WNI sekarang. Dia (Dutra) bisa bahasa Indonesia juga. Kami sangat membutuhkan dia. Saya sudah ngomong sama dia dan kelihatannya dia bisa main (kontra Borneo),” tutur Pikal.

Lanjutkan Membaca ↓