Calon Ketua PSSI Vijaya Fitriyasa Janjikan Perhatian untuk Sepak Bola Disabilitas

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 12 Okt 2019, 23:45 WIB
Vijaya Fitriyasa

Bola.com, Jakarta - Calon Ketua PSSI, Vijaya Fitriyasa, menyempatkan diri untuk berlatih bareng Tim Garuda Indonesia Amputee Football (INAF), Sabtu (12/10/2019). Kehadiran Vijaya Fitriyasa juga untuk memberikan motivasi pada Tim Garuda INAF yang akan bertanding di Piala Asia Amputee Football 2020.

Tim Garuda INAF merupakan tim sepak bola para amputasian yang gemar mengolah si kulit bundar. Dengan kondisi tubuh yang tidak lengkap, mereka tetap membuktikan bisa berprestasi dan membawa harum nama bangsa.

Melihat semangat tersebut, Vijaya tergerak untuk memberikan dukungan langsung kepada tim Garuda INAF. Vijaya berjanji akan lebih memperhatikan tim disabilitas tersebut jika terpilih menjadi Ketum PSSI.

"Saya secara pribadi ingin memotivasi teman-teman pesepak bola yang punya keterbatasan atau disabilitas. Selama ini mereka dalam menjalani hidup mungkin sering mendapat pelecehan atau bullying, terus minder," kata Vijaya di Lapangan RS Dr Sutoyo, Jakarta Selatan.

"Kami mengharapkan dengan ini bisa menambah semangat hidup mereka beraktivitas walaupun ada keterbatasan. Apalagi tahun depan mereka akan ikut kejuaraan Asia di Kuala Lumpur," ujar Vijaya.

Piala Asia Amputee Football 2020 rencananya akan digelar di Malaysia. Ajang ini menjadi tantangan tersendiri buat Tim Garuda INAF.

Vijaya Firtiyasa merupakan satu di antara calon sementara Ketua Umum PSSI. Vijaya maju dengan modal menjadi anggota Asprov PSSI DKI, yakni Jakarta United Football Club.

2 of 2

Janjikan Fasilitas

Vijaya Fitriyasa
Tim Garuda INAF yang merupakan pesepak bola amputan berlatih di Lapangan R.S Suyoto, Jakarta, Sabtu (12/10). Kunjungan ini dilakukan untuk memberi dukungan kepada Tim Garuda INAF jelang Piala Asia Amputee Football 2020. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Dukungan yang akan diberikan PSSI jika Vijaya Fitriyasa terpilih salah satu di antaranya adalah fasilitas. INAF sejauh ini kerap kesulitan mendapatkan fasilitas bagus, terutama lapangan untuk latihan. 

"Mereka rencananya mau membuat liga di beberapa daerah, kami akan coba fasilitasi. Selama ini PSSI hanya fokus kepada sepak bola biasa. Untuk disabilitas ini karena baru, jadi PSSI belum memberikan perhatian, akan tetapi saya harap PSSI bisa memberikan lebih," ujar Vijaya.

"Kami nanti prinsipnya PSSI hanya memberikan dukungan, INAF ini induknya tetap ke NPC. Kami beri dukungan misalnya fasilitas, memberikan kesempatan berlatih dan bermain di lapangan bagus," ujar Vijaya.

Lanjutkan Membaca ↓