Punya Rekor Buruk di Kandang, Pemain Persebaya Tidak Tertekan

Oleh Aditya Wany pada 13 Okt 2019, 06:00 WIB
Persebaya Surabaya Vs Borneo FC

Bola.com, Jakarta Persebaya Surabaya hanya mampu memenangi tiga dari sebelas laga kandang yang dijalani di Shopee Liga 1 2019. Kemenangan terakhir mereka di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, terjadi pada 2 Agustus atau dua bulan lalu saat menang 1-0 atas Persipura Jayapura. 

Dalam empat laga kandang terakhir, hasil imbang selalu menyertai Persebaya. Terbaru, mereka ditahan 0-0 oleh Borneo FC pada pekan ke-22. Hasil itu bahkan menjadi kali pertama Persebaya gagal mencetak gol di kandang sendiri selama musim ini. 

Banyak yang menilai bahwa para pemain tim berjulukan Bajul Ijo itu dalam kondisi tertekan di hadapan suporter sendiri. Penyerang sayap Persebaya, Irfan Jaya, membantahnya meski juga bingung dengan situasi yang dihadapinya. 

“Saya bingung mau menjawab itu. Tapi, kami sebenarnya tetap enjoy saja. Saya juga tidak tahu kenapa kami susah sekali menang di kandang. Yang pasti banyak faktor, dan kami sudah bekerja keras untuk cetak gol dan menang,” kata Irfan kepada Bola.com.

Secara terpisah, gelandang senior Persebaya, Rendi Irwan, juga tidak setuju dengan pendapat yang menyebut dia dan teman-temannya tertekan. Lebih gamblang, wakil kapten Persebaya menyebut timnnya hanya kurang beruntung.

“Saya tidak ada beban saat kami bermain sebagai tuan rumah. Saya justru senang bisa menikmati karena ada suporter di sini. Mungkin keberuntungan saja, Persebaya Surabaya bermain bagus tapi tidak bisa menang,” ucap Rendi.

 

2 of 2

Catatan Laga Tandang Lebih Baik

Persebaya Surabaya
Persebaya Surabaya bermain imbang 0-0 kontra Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (11/10/2019) malam. (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya Surabaya sebenarnya membukukan 11 laga kandang tanpa kekalahan selama Liga 1 2019. Tapi, mereka tercatat delapan pertandingan dilewati dengan terpaksa membiarkan lawan mencuri poin alias hasil imbang. 

Hanya tiga pertandingan kandang saja yang berhasil mereka akhiri dengan kemenangan, yaitu saat menjamu Persib Bandung, Persela Lamongan, dan Persipura Jayapura. 

Namun, catatan kemenangan mereka justru lebih baik di kandang lawan. Jika di kandang hanya tiga kali, Persebaya malah mampu membukukan empat kemenangan saat laga tandang. Masing-masing terjadi di markas Borneo FC, Badak Lampung, Bhayangkara FC, dan PSIS Semarang.

“Semua pemain kerja keras dan keberuntungan yang tidak berpihak pada kami. Inilah sepak bola, mungkin belum rezeki di sini. Saya berterima kasih kepada pelatih dan staf lainnya. Apapun yang dilakukan, kami jalani sama-sama,” imbuhnya.

Lanjutkan Membaca ↓