Sukses


Laga Shopee Liga 1 2019 yang Masih Tertunda Bakal Digelar Saat FIFA Matchday November 2019

Bola.com, Sanur - PT Liga Indonesia Baru, PSSI dan klub peserta Shopee Liga 1 2019 bertemu dan menggelar emergency meeting terkait banyaknya laga yang ditunda sejauh ini. Dalam pertemuan yang digelar di Sanur, Bali, Sabtu (12/10/2019), semua pihak menyepakati pertandingan tunda yang belum dimainkan bakal digelar saat FIFA Matchday November 2019.

Terhitung ada enam pertandingan Liga 1 2019 yang masih dalam status tunda hingga sejauh ini. Mayoritas pertandingan tunda tersebut belum bisa digelar karena sulitnya mendapatkan izin bertanding dari pihak keamanan. Kondisi tersebut memaksa klub, operator liga, dan federasi, pun berkumpul untuk mencari solusi.

"Prinsipnya kompetisi harus selesai pada 22 Desember. Butuh kesepakatan bersama untuk menghadapi semua kendala yang terjadi," ujar Direktur PT LIB, Dirk Soplanit, seperti dilansir dari situs resmi Liga 1.

Sebenarnya ada tujuh pertandingan Shopee Liga 1 2019 yang ditunda hingga awal Oktober 2019, antara lain Persib Bandung kontra Arema, Persebaya Surabaya kontra Borneo FC, Persija Jakarta vs Persela Lamongan, Persija Jakarta vs Borneo FC, PSIS Semarang kontra Bali United, PSM Makassar kontra Persipura Jayapura, dan Semen Padang kontra Persija Jakarta.

Namun, Persebaya Surabaya sudah mengeksekusi pertandingan kontra Borneo FC, di mana kedua tim bermain imbang tanpa gol pada Jumat (11/10/2019). Selain itu, Persija Jakarta tercatat menjadi tim yang paling banyak harus menggelar laga, yaitu tiga laga kontra Persela Lamongan, Borneo FC, dan Semen Padang.

Dalam pertemuan darurat, PT LIB menawarkan solusi yang disepakati semua peserta Liga 1 2019. Manajer Kompetisi PT LIB, Asep Saputra, menyebut pertandingan tersebut akan digelar pada saat FIFA matchday November 2019 berlangsung.

"Solusinya digelar pertandingan Liga 1 2019 pada saat FIFA matchday. Tujuh pertandingan tunda digelar pada FIFA matchday pada 11 hingga 19 November 2019," ujar Asep Saputra.

 

2 dari 2 halaman

Jika Tak Dapat Izin Keamanan, Klub Harus Berkorban

Selain menggelar tujuh pertandingan pada FIFA matchday, ada beberapa kesepakatan lanjutan dalam emergency meeting tersebut, di antaranya tidak ada lagi perubahan jadwal menjelang akhir kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Artinya, apabila klub tidak mendapatkan izin dari pihak keamanan terkait penyelenggaraan pertandingan, maka klub bersedia menggelar laga tanpa penonton atau dipindah ke venue yang lain. 

“Kami berharap dengan adanya beberapa kesepakatan tersebut, kompetisi Shopee Liga 1 2019 bisa berjalan dengan lancar dan berakhir sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sejak awal,” pungkas PLT Ketum PSSI, Iwan Budianto.

Sumber: Liga Indonesia

Video Populer

Foto Populer