Sukses


Persaingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia: UEA Perkasa, Timnas Indonesia Sulit Bersaing

Bola.com, Jakarta - Putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia akan memasuki matchday keempat pada Selasa (15/10/2019). Khusus untuk Grup G yang ditempati Timnas Indonesia, Uni Emirat Arab yang menjadi satu-satunya tim di luar Asia Tenggara, cukup perkasa meski baru memainkan dua pertandingan. Sementara Timnas Indonesia, masih terdampar di dasar dengan tanpa poin dari tiga pertandingan.

Sejauh ini baru Malaysia dan Timnas Indonesia yang sudah memainkan tiga pertandingan di Grup G. Ironisnya, kedua tim asal Asia Tenggara itu justru berada di dua posisi terbawah untuk sementara ini.

Malaysia berada di peringkat keempat dengan tiga poin dari tiga laga. Kemenangan 3-2 atas Timnas Indonesia di laga pertama menjadi satu-satunya sumber poin Harimau Malaya hingga sejauh ini. Dalam dua pertandingan berikutnya, Malaysia kalah 1-2 dari Uni Emirat Arab dan 0-1 dari Vietnam.

Timnas Indonesia berada di dasar klasemen dengan torehan yang memalukan. 11 gol sudah bersarang ke gawang Tim Garuda dalam tiga pertandingan yang sudah mereka mainkan. Berawal dari kekalahan 2-3 dari Malaysia, 0-3 dari Thailand, dan makin buruk dalam kekalahan 0-5 dari Uni Emirat Arab.

Uni Emirat Arab memang sejauh ini masih menjadi yang terbaik. Kemenangan 2-1 atas Malaysia dan 5-0 atas Indonesia membuat satu-satunya tim asal Timur Tengah di Grup G itu berada di puncak klasemen dengan enam poin, unggul dua poin dari Thailand yang mengoleksi empat poin, hasil imbang tanpa gol dengan Vietnam dan menang 3-0 atas Timnas Indonesia.

Termasuk laga kontra Vietnam yang akan digelar pada Selasa (15/10/2019), Timnas Indonesia masih punya lima pertandingan tersisa. Dengan perolehan tim-tim lawan hingga sejauh ini, peluang untuk memperbaiki posisi di klasemen pun masih terbuka lebar.

2 dari 2 halaman

Tak Boleh Kalah Lagi, Sanggupkah?

Kondisi Timnas Indonesia yang berada di dasar klasemen Grup G memang menyakitkan. Namun, dengan sisa lima pertandingan hingga laga terakhir, secara matematis peluang Tim Garuda belum tertutup.

Hanya saja, Tim Garuda harus bisa meraih poin di setiap pertandingan yang mereka jalani mulai dari laga kandang kontra Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Jika hal tersebut bisa diwujudkan, peluang ke putaran ketiga Piala Dunia 2022 masih ada.

Namun, apakah sanggup Timnas Indonesia meraih poin di setiap laga tersisa? Dengan lima laga tersisa, Timnas Indonesia hanya menyisakan dua laga kandang, yaitu kontra Vietnam yang digelar Selasa (15/10/2019) dan melawan UEA pada 31 Maret 2020. Sementara tiga laga tandang yang harus dijalani adalah menghadapi Malaysia pada 19 November 2019, Thailand pada 26 Maret 2020, dan Vietnam pada 4 Juni 2020.

Tentu saja Timnas Indonesia harus bisa mendapatkan poin pertama mereka dalam laga kontra Vietnam di Gianyar. Jika masih tidak berhasil meraih poin dalam pertandingan tersebut, tentu saja misi melangkah ke Piala Dunia 2022, atau setidaknya mengangkat posisi di Grup G akan makin sulit.

Kekalahan 2-3 dari Malaysia dan 0-3 dari Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada September lalu membuat peluang Timnas Indonesia makin kecil untuk bisa meraih kemenangan ketika bertandang ke Malaysia dan Thailand.

Dari catatan pertemuan dengan Malaysia sejak Piala AFF 2010, Timnas Indonesia tercatat belum pernah menang ketika bertandang ke Kuala Lumpur. Hal tersebut juga berlaku untuk laga kontra Thailand. Sejak 2008, Timnas Indonesia belum pernah meraih kemenangan saat bertandang ke Bangkok.

Video Populer

Foto Populer