Timnas Vietnam Ditemani 35 Jurnalis dalam Lawatan ke Bali

Oleh Aditya Wany pada 15 Okt 2019, 12:30 WIB
Diperbarui 15 Okt 2019, 12:30 WIB
Jurnalis Vietnam

Bola.com, Bali - Timnas Vietnam tidak perlu takut menghadapi Timnas Indonesia di Bali. Jumlah suporter mereka yang datang mungkin tidak banyak. Tetapi, ada sekelompok lainnya dari negara mereka yang ikut bertandang.

Timnas Vietnam dijadwalkan berjumpa Timnas Indonesia dalam laga Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (15/10/2019).

Berdasarkan pengamatan Bola.com, ada banyak jurnalis asal Vietnam yang tiba di Bali. Mereka memakai pakaian dengan ciri khas bendera negaranya. Hal itu terlihat saat sesi konferensi pers sebelum laga di Maya Sanur, Denpasar, Senin siang (14/10/2019).

Jumlah mereka bisa dibilang seimbang dengan jurnalis Indonesia. Mereka bakal menjadi saksi kiprah Timnas Vietnam, yang berjuang memetik poin dalam laga ini.

Tetapi, tetap saja kehadiran mereka terlalu banyak. Menurut Media Officer Timnas Indonesia, Bandung Saputra, ada 35 jurnalis Vietnam yang akan melakukan peliputan laga ini.

"Kami sudah melakukan pendataan soal jumlah jurnalis tim tamu. Dari data itu, sebanyak 33 jurnalis datang dari Vietnam. Lalu, ada dua lainnya yang merupakan koreponden media Vietnam di Jakarta. Jadi, total 35 jurnalis," kata Bandung kepada Bola.com.

"Antusiasme mereka mungkin sedang tinggi. Ini mungkin pertama kali Timnas Indonesia menjamu lawan dari negara dengan jumlah jurnalis asal negaranya sebanyak itu," imbuh Bandung.

Sebanyak 35 jurnalis itu berasal dari berbagai media yang berbeda. Mereka juga memiliki tugas beragam, mulai jurnalis tulis, jurnalis foto, hingga jurnalis televis. Kehadiran mereka menambah semarak duel ini.

Mereka juga langsung datang ke latihan resmi kedua tim yang digelar setelah konferensi pers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin sore dan malam. Di pinggir lapangan, lebih dari 10 fotografer dan videografer berjejer mengambil gambar.

Antusiasme masyarakat Vietnam memang sedang memuncak melihat timnas negaranya dalam performa positif. Timnas Vietnam belum kalah dalam dua laga di putaran kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

2 dari 2 halaman

Alasan ke Bali

Timnas Vietnam
Suasana Timnas Vietnam saat berlatih di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (14/10/2019) malam. Vietnam akan menghadapi Timnas Indonesia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Selasa (15/10/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Jurnalis Bong TV, Le Phuong, tidak membantah latar belakang itu cukup memengaruhi mereka datang berbondong-bondong ke Indonesia.

"Bagi masyarakat kami, sepak bola adalah olahraga nomor satu. Penampilan timnas kami juga menjadi sorotan dan perbincangan publik. Makanya, banyak media dari negara kami yang mau datang langsung melakukan peliputan," ucap Le Phuong kepada Bola.com.

Alasan itu cukup masuk akal mengingat Timnas Indonesia juga sedang dalam kondisi terpuruk. Selama ini, Timnas Vietnam punya catatan kurang apik menghadapi skuat Garuda. Nah, ini menjadi momentum mereka untuk mengalahkan Indonesia.

Selama di Stadion Kapten I Wayan Dipta, kalangan jurnalis asal Vietnam itu mencoba mengambil gambar dari banyak sisi stadion. Mulai fasilitas stadion, lingkungan sekitar, hingga bus Timnas Indonesia yang bergambar pemain.

Di sisi lain, Bali untuk kali pertama menjadi venue pertandingan Timnas Indonesia di ajang internasional mengingat selama ini lebih sering digelar di Jakarta.

Apakah Bali juga menjadi daya tarik buat jurnalis Vietnam itu untuk datang, apalagi Bali dikenal sebagai tujuan wisata internasional?

"Ya, ada faktor itu juga. Kami mendapat kabar bahwa untuk kali pertama Bali menjadi tempat bertanding ajang selevel Kualifikasi Piala Dunia. Kami ingin tahu lebih banyak tentang tempat baru ini," tutur Le Phuong.

Lanjutkan Membaca ↓