Sukses


Duel Antarlini PSM Vs Arema: Adu Kreativitas Pluim Kontra Konate

Bola.com, Makassar - Dua sosok pemain bakal jadi sentra sorotan pada laga tunda pekan kelima Shopee Liga 1 antara PSM Makassar kontra Arema di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Rabu (16/10/2019). Keduanya adalah Wiljan Pluim (PSM Makassar) dan Makan Konate (Arema).

Saat bermain, keduanya kerap jadi pemain pembeda buat tim masing-masing.

Sebagai dirigen tim, Pluim dan Konate bukan hanya piawai memainkan irama permainan tapi juga mencetak gol. Sampai saat ini, Pluim jadi pemain tersubur di PSM Makassar dengan koleksi empat gol. Konate malah lebih tajam dengan persembahkan 11 gol buat Arema di Liga 1 2019.

Pada pertemuan pertama di Stadion Kanjurahan (2/10/2019), adu kreativitas Pluim dan Konate tak terjadi. Pluim absen pada laga itu karena terjerat hukuman akumulasi kartu kuning.

Jadi, kehadiran Pluim pada pertandingan nanti jelas berdampak besar buat PSM. Apalagi Juku Eja bermain di kandang sendiri. Dukungan militan dari suporter tentu membuat skuat Juku Eja termotivasi untuk memutus catatan minor kalah beruntun pada tiga laga terakhir.

Faktor Pluim dan dukungan suporter membuat PSM lebih diunggulkan memenangi laga ini.

Lantas, siapa saja pemain lain di setiap lini yang akan menopang Pluim dan Konate pada laga nanti? Berikut duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga PSM Makassar melawan Arema versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Belakang

PSM tidak diperkuat Abdul Rahman yang masih bergulat dengan cedera. Alhasil, Munhar kembali mendapatkan menit bermain mendampingi Aaron Evans. Sementara Hasim Kipuw dan Beny Wahyudi bermain sebagai bek sayap.

Pada pertemuan pertama di Malang, kuartet ini tampil trengginas sebelum Hasim keluar karena mendapat kartu kuning kedua. Arema mendapatkan dua golnya setelah itu.

Sementara Arema tidak membawa Hamka Hamzah yang mengalami cedera hamstring. Kehilangan Hamka bisa berdampak buruk buat lini belakang Arema kIkhfanul Alam yang disiapkan sebagai pendamping Arthur Cunha, belum setenang Hamka dalam mengamankan pertahanan Arema.

Lini belakang Arema bakal kerja keras bila PSM menurunkan striker Amido Balde yang sudah pulih dari cedera.

3 dari 4 halaman

Tengah

PSM kembali diperkuat Wiljan Pluim, kapten sekaligus roh permainan tim. Skill individu dengan kualitas umpan di atas rata-rata yang dimiliki Pluim bakal membuat barisan lini tengah Arema harus berjibaku untuk mengadangnya.

Pada pertandingan nanti, Pluim ditopang Marc Klok dan Rizky Pellu, dua gelandang jangkar yang berperan sebagai penyeimbang dan penyuplai bola buat Pluim.

Situasi tidak jauh beda dengan Arema. Hendro Siswanto dan Takafumi Akahosi yang diplot sebagai gelandang pekerja bakal meringankan tugas Makan Konate untuk melakukan penetrasi langsung ke jantung pertahanan PSM.

Pergerakan Konate wajib diwaspadai PSM, dan sosok Marc Klok adalah pemain yang pas untuk meredam Konate.

4 dari 4 halaman

Depan

Amido Balde berpacu dengan waktu untuk memulihkan cedera hamstring yang membuatnya absen pada empat laga terakhir PSM. Dalam latihan reguler terakhir, Balde sudah diikutkan dalam skema tim.

Kalau tampil, mantan striker Persebaya Surabaya itu akan berduel dengan bek Arema, Arthur Cunha.

Di lini depan, PSM masih punya opsi lain pada diri Ferdinand Sinaga dan Ezra Walian. Sementara dua penyerap sayap, Zulham Zamrun dan M. Rahmat, kembali jadi tumpuan untuk mengoyak pertahanan Arema dari sisi luar.

Tetapi, lini depan Arema juga tak kalah trengginas. Pergerakan Dedik Setiawan dan Ridwan Tawainella dari dua sisi sayap bisa menguras stamina dan konsentrasi bek PSM.

Bila hal itu terjadi, lini belakang Juku Eja wajib waspada. Karena Arema memilki striker berpostur besar dan cerdik pada diri Sylvano Comvalius.

Video Populer

Foto Populer