Sukses


Darije Kalezic Vs Milomir Seslija: Adu Taktik Pelatih Berdarah Bosnia

Bola.com, Makassar - Partai PSM Makassar versus Arema pada laga tunda pekan ke-5 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Rabu (16/10/2019), bukan sekadar mempertemukan dua klub eks juara Liga Indonesia.

Duel ini juga bakal menyajikan adu taktik dua pelatih yang sama-sama berasal dari Bosnia, Darije Kalezic (PSM) dan Milomir Seslija (Arema).

Dibandingkan koleganya, Darije memang kalah pengalaman di pentas sepakb ola Indonesia dibandingkan Milomir. Darije baru pertama kali melatih klub Indonesia sedangkan Milomir, selain Arema, dia juga pernah menangani Persiba Balikpapan dan Madura United.

Tetapi, untuk kiprah sementara tahun ini, keduanya masih 'selevel'. Darije sukses membawa PSM Makassar juara Piala Indonesia 2018 sementara Milomir memberikan trofi Piala Presiden 2019 buat Arema.

Keduanya pun praktis selalu berada dalam tekanan suporter klub. Darije misalnya, tiga kekalahan tandang beruntun yang dialami PSM bukan saja menutup peluang juara Liga 1, melainkan juga membuat posisinya sebagai pelatih dalam tekanan suporter PSM yang dikenal haus prestasi.

Beruntung, manajemen PSM tetap memercayai untuk menjadi nakhoda sampai akhir musim.

Begitu pula Milomir yang sempat digoyang pada awal musim. Posisi Arema yang saat ini bertengger di peringkat kelima klasemen Liga 1 2019 membuat Milomir sementara aman dari tekanan.

Hanya, situasinya bisa jadi berubah setelah laga nanti. Kalau PSM menang, Darije mengembalikan kepercayaan suporter pada dirinya. Dengan tiga poin, PSM Makassar membuka peluang ke papan atas.

2 dari 2 halaman

Asa ke Piala AFC

Kini PSM Makassar tertinggal enam poin dari Arema yang mengoleksi 33 poin, tetapi Juku Eja masih menyimpan satu laga sisa. Apalagi, belakangan suporter mulai realistis menyikapi kondisi PSM. Mereka berharap PSM bisa mengakhiri kompetisi dengan bertengger di papan atas.

Darije pada berbagai kesempatan mengungkapkan ia butuh waktu untuk beradaptasi dengan atmosfer sepak bola Indonesia.

"Saya datang ke PSM saat tim sudah terbentuk. Tak gampang buat pelatih mana pun bisa langsung berprestasi dengan materi pemain bukan pilihannya," ujar Darije.

Sementara Milomir dan Arema butuh tiga poin untuk menjaga asa meraih tiket ke Piala AFC musim depan. Sampai pekan ke-22, Arema hanya tertinggal lima poin dari peringkat kedua, Madura United yang sudah mengoleksi 38 poin.

Seperti diketahui, juara dan runner-up Liga 1 plus PSM sebagai juara Piala Indonesia mendapat jatah bertanding di level Asia musim depan.

Video Populer

Foto Populer