Pelatih Timnas Vietnam Memahami Tekanan yang Dirasakan Simon McMenemy

Oleh Aditya Wany pada 16 Okt 2019, 15:30 WIB
Diperbarui 16 Okt 2019, 15:30 WIB
Park Hang-seo dan Simon McMenemy
Park Hang-seo dan Simon McMenemy menjelang duel Timnas Indonesia versus Vietnam. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Gianyar - Timnas Indoneisa kembali meraih hasil negatif dalam putaran kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Mereka kalah 1-3 (0-1) dari Timnas Vietnam dalam laga keempat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa malam (15/10/2019).

Laga itu memecahkan rekor 28 tahun tanpa kekalahan yang dimiliki oleh Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam dengan berstatus sebagai tim tuan rumah. Hasil ini juga membuat Tim Merah Putih selalu kalah dalam empat laga Grup G.

Sebelumnya, tim arahan Simon McMenemy itu kalah 2-3 dari Malaysia, 0-3 dari Thailand, dan dibantai 0-5 oleh Uni Emirat Arab. Rentetan hasil buruk ini membuat Simon mendapat desakan mundur dari jabatannya.

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, mendapat pertanyaan dari awak media mengenai hasil buruk yang diraih oleh Timnas Indonesia itu. Dia juga dimintai respons jika memiliki kesempatan melatih skuat Garuda.

“Saya tidak bisa berkomentar soal isu atau pertanyaan seperti itu. Saya pikir itu tidak sopan. Saya pernah berada di posisi pelatih Timnas Indonesia saat ini, jadi saya mengerti perasaan dia,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Park Hang-seo merupakan pelatih yang sarat pengalaman pada usianya yang sudah mencapai 60 tahun. Dia bergelimang gelar selama masih berkarier melatih sejumlah klub di negara asalnya.

Ia membuat Timnas Vietnam menjadi tim yang semakin kukuh di level Asia Tenggara dan mulai menjadi ancaman di level Asia.

2 dari 2 halaman

Membawa Vietnam ke Level Lebih Tinggi

Indonesia Vs Vietnam
Bek Timnas Indonesia, Otavio Dutra, berusaha menyundul bola saat melawan Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Selasa (15/10). Indonesia kalah 1-3 dari Vietnam. (AFP/Aditya Wany)

Sosok berkacamata ini juga mampu membawa Timnas Vietnam U-23 masuk ke final Piala Asia U-22 2018. Sayang, timnya kalah dari Uzbekistan dan akhirnya harus puas menjadi runner-up ajang tersebut.

Hal itu bertolak belakang dengan rekam jejak Simon McMenemy yang selama ini belum meyakinkan. Jika Park Hang-seo sudah mulai membawa Vietnam bisa menembus Asia bahkan dunia, Simon McMenemy mengantarkan Timnas Indonesia belum berhasil meladeni perlawan negara Asia Tenggara lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat