Sukses


Prediksi PSM Vs Persija: Pantang Menganggap Remeh

Bola.com, Makassar - Duel PSM Makassar kontra Persija Jakarta pada empat laga terakhir di pentas Liga 1 selalu berujung sama kuat. Terakhir, keduanya bermain imbang 0-0 pada pertemuan pertama Shopee Liga 1 (28/8/2019).

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic mengingatkan skuatnya agar waspada saat menjamu Persija pada pekan ke-23 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (20/10/2019).

Di mata mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini menilai, posisi Persija yang berada di zona degradasi tidak bisa dijadikan acuan untuk mengukur kekuatan Macan Kemayoran. 

"Dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi. Mereka baru saja dikalahkan Semen Padang. Bisa saja Persija bangkit saat menghadapi PSM. Karena situasinya jelas berbeda," ujar Darije.

Menghadapi Persija, Darije dipusingkan dengan keroposnya sektor bek tengah. Abdul Rahman dipastikan absen karena masih bergelut dengan cedera. Sementara, Munhar masih diragukan kebugarannya.

Ironisnya, stoper alternatif, Hasim Kipuw tak bisa dimainkan karena terjerat sanksi kartu merah. Alhasil, opsi terakhir ada pada diri Raphael Maitimo yang sejatinya adalah gelandang. Eks Persib Bandung ini akan berduet dengan Aaron Evans.

Situasi berbeda di sektor bek sayap. Kembalinya Asnawi Mangkualam dan Firza Andika dari Timnas Indonesia U-22 membuat pilihan Darije bertambah.

Beny Wahyudi dan Taufik Hidayat punya kans mendapatkan menit bermain karena dinilai tampil baik saat PSM Makassar melibas Arema FC 6-2, (16/10/2019).

Di lini depan, Darije memberi sinyal mematenkan trio Rezky Eka Pratama, Ferdinand Sinaga, dan Ezra Walian setelah tampil bagus kontra Arema FC. Terutama Ferdinand Sinaga yang mencetak dua gol ke gawang Arema.

Bila hal ini terjadi, maka trio reguler PSM Makassar, M. Rahmat, Amido Balde, dan Zulham Zamrun harus menunggu menit bermain dari bangku cadangan.

2 dari 3 halaman

Persija Tanpa Sejumlah Pilar

Pelatih Persija Jakarta, Edson Tavares bertekad membawa timnya meraih poin. Apalagi pada pertandingan terakhir, tim berjulukan Macan Kemayoran itu dipermalukan Semen Padang 0-1.

Namun, Tavares harap-harap cemas. Pasalnya, Persija kehilangan beberapa pemainnya, termasuk, Ismed Sofyan dan Maman Abdurrahman.

"Kami di sini punya fokus yang berbeda dan perasaan yang berbeda dikarenakan ada beberapa pemain yang tidak ikut. Intinya, tim ini siap meskipun tak ada beberapa pemain," tutur Tavares.

Sebelumnya, pertandingan PSM Makassar dan Persija terancam gagal digelar. Pasalnya, partai tersebut berbarengan dengan pelatikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Belakangan, pertandingan tetap berlangsung sesuai jadwal dan dengan penonton.

"Persija Jakarta tak masalah meski ada penonton atau tidak. Kami sekarang di papan bawah dan kami datang untuk bertanding," tutur pelatih asal Brasil.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-4-2): Rivky Mokodompit (k); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Raphael Maitimo, Tafik Hidayat (b); M. Arfan, Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Rizky Eka (t); Ferdinand Sinaga, Ezra Walian (d)

Pelatih: Darije Kalezic 

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (k); Tony Sucipto, Xandao, Fachruddin Aryanto, Rezaldi Hehanussa (b); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (t); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (d)

Pelatih: Edson Tavares

Video Populer

Foto Populer