Prediksi Timnas Indonesia U-19 Vs China: Sajian Formasi dan Strategi Berbeda

Oleh Aditya Wany pada 20 Okt 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 20 Okt 2019, 07:00 WIB
Timnas Indonesia U-19
Timnas Indonesia U-19 melawan Iran di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (11/9/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Bola.com, Gianyar - Timnas Indonesia U-19 bersiap kembali melakoni uji coba melawan Timnas China U-19, kali ini di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu sore (20/10/2019). Laga ini jadi uji coba yang kedua hanya dalam sepekan

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 melakoni laga uji coba, juga menghadapi lawan yang sama, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Kamis malam (17/10/2019). Tim Garuda Muda menang 3-1 di laga itu.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, tidak ingin anak asuhnya larut dalam kemenangan di Surabaya. Dia ingin pemain tetap menunjukkan penampilan apik melawan China, yang sudah mengetahui gaya permainan lawan.

Kini, dengan uji coba menghadapi lawan yang sama dalam waktu berdekatan, Fakhir Husaini menghadapi satu ujian. Dia harus membuat formasi dan strategi yang berbeda agar China tidak mudah mengantisipasi.

"Kami sudah melaksanakan tugas dengan cukup baik di Surabaya. Meski kami akan bermain dengan tim yang sama, saya yakin mereka tidak akan bermain dengan cara yang sama, demikian halnya kami," ucap Fakhri.

"Dalam sepak bola yang menjadi bahan evaluasi itu tidak keluar dari empat aspek, yaitu fisik, teknik, taktik, dan mental. Berapa menit pun kami bermain, empat aspek itu menjadi dasar kami untuk melakukan evaluasi," imbuhnya.

Lagipula, pelatih asal Aceh itu memang ingin melakukan beberapa rotasi dalam starting eleven nanti. Dari 26 pemain, hanya 16 di antaranya yang sudah tampil di Surabaya. Sebanyak 10 sisanya akan diberi kesempatan di laga ini.

Hal itu juga bagian dari upaya Fakhri untuk memantau performa pemain yang sudah masuk skuatnya.

"Akan selalu ada hal-hal baru yang menjadi bahan evaluasi kami untuk perbaikan tim ini sampai mereka betul-betul tampil di Piala AFC U-19," ucap pelatih berusia 54 tahun tersebut.

Dua laga uji coba ini merupakan persiapan Timnas Indonesia U-19 untuk menatap kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Mereka tergabung di Grup K bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Timor Leste, dalam laga yang akan dimainkan di Stadion Madya dan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 6-10 November 2019.

2 dari 3 halaman

Cari Pengalaman

Timnas indonesia U-19
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, memberikan instruksi saat latihan di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (30/9). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-19 di Vietnam. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pelatih Timnas China U-19, Cheng Yaodong, menyebut tim asuhannya sudah tahu gaya permainan Timnas Indonesia U-19, termasuk kelebihan dan kekurangan. Dia akan melakukan persiapan yang lebih matang menatap laga uji coba kedua ini.

"Kami sudah bermain beberapa laga di negara kami, tidak sampai satu pekan kami bermain dua kali. Itu sangat memengaruhi semuanya terutama persiapan kami bermain di sini," kata Cheng Yaodong.

"Tapi, di pertandingan kedua, kami akan mempersiapkan taktik yang lebih spesifik dan ada lima pemain yang akan datang untuk laga kedua nanti," imbuh pelatih asal Shanghai tersebut.

Sama seperti Indonesia, China juga bakal menjalani kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Mereka tergabung di Grup I bersama Korea Selatan, Myanmar, dan Singapura, dalam laga yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, 6-10 November 2019.

"Kami mempersiapkan tim ini untuk kualifikasi Piala AFC U-19 bulan depan. Jadi kesempatan untuk mengetahui gaya bermain tim ASEAN cukup menyenangkan bagi kami. Kami bisa mendapatkan pengalaman itu sebelum kualifikasi bulan depan," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Latihan Timnas Indonesia U-19
Pemain Timnas Indonesia U-19 mendengarkan arahan Pelatih Fakhri Husaini usai latihan di Stadion Padjadjaran, Bogor, Kamis (26/9). Latihan ini merupakan persiapan jelang kualifikasi Piala Asia 2020. (Bola.com/Yoppy Renato)

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Bagas Kaffa, Alfeandra Dewangga, Muhammad Salman Alfarid, Rizky Ridho Ramadhani (belakang); Beckham Putra Nugraha, David Maulana, Theo Fillo (tengah); Fajar Fathur, Sutan Diego Zico, Bagus Kahfi (depan)

Pelatih: Fakhri Husaini

Timnas China U-19 (4-4-2): Zihao Huang (kiper); Yuhao Chen, Jixuan Leng, Dong Han, Yue Zhu (belakang); Mohemaiti Naibijiang, Xuejiang Zheng, Aisikaer Aifeierding, Yucheng Shi (tengah); Tayier Xiaokaitijiang, Zhenyu He (depan)

Pelatih: Cheng Yaodong

Lanjutkan Membaca ↓