4 Tim Grup Timur Masih Berpeluang Lolos ke Babak 8 Besar Liga 2 2019

Oleh Gatot Susetyo pada 21 Okt 2019, 05:15 WIB
Liga 2 2019

Bola.com, Kediri - Empat tim dari Grup Timur, yakni Martapura FC, Persis Solo, PSIM Yogyakarta, dan Sulut FC masih memiliki peluang sama untuk melangkah ke babak 8 besar Liga 2 2019. Kepastian keempatnya ditentukan pada partai pamungkas yang digelar berbarengan pada Senin (21/10/2019).

Posisi Martapura FC belum benar-benar aman. Meski, saat ini anak asuh Frans Sinatra Huwae itu bertengger di ranking keempat dengan koleksi 28 poin. Namun, mereka bisa gigit jari bila tak mampu meraih poin absolut saat tandang ke markas PSBS Biak di Stadion Cenderawasih, Biak.  

Tuan rumah PSBS relatif aman karena telah lepas dari jerat degradasi. Namun, Laskar Sultan Adam tetap wajib kerja keras pada duel nanti.

Tambahan tiga poin dari PSBS otomatis akan mengantar Martapura FC ke fase lanjutan Liga 2 2019 dengan total 31 poin. Perolehan angka Amirul Mukminin dkk. ini tak terkejar lagi dari Persis, PSIM, dan Sulut FC. 

Bermain di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Persis dan PSIM harus saling mengalahkan dalam Derbi Mataram. Kedua tim saat ini sama-sama mengumpulkan poin 27.

Peluang PSIM memenangi pertandingan dan lolos masih terbuka. Syaratnya, Laskar Mataram cukup menang dengan 1-0 karena secara head to head, anak asuh Liestiadi tersebut lebih unggul dari Persis. Pada putaran pertama di Stadion Wilis, Madiun, Witan Sulaiman dkk. kalah 1-2. 

Namun baik PSIM maupun Persis, peluang keduanya lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019 masih tergantung hasil akhir duel PSBS kontra Martapura FC di Biak.

2 of 2

Peluang Sulut FC Dipengaruhi Hasil PSIM Vs Persis

PSIM Yogyakarta
Selebrasi gol PSIM yang dicetak Syaiful Indra Cahya ke gawang Persiba Balikpapan di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Kamis (22/8/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Sementara Sulut FC, sejak Ricky Nelson mengambil alih kendali dari tangan Herry Kiswanto, tim ini tak hanya mampu mentas dari zona degradasi melainkan juga membuka peluang melangkah ke babak berikutnya. 

Hanya, kans Sulut FC sangat berat. Dengan koleksi poin 26, poin maksimal mereka hanya mencapai 29. Dengan syarat, Sulut FC mengalahkan Persewar Waropen di Stadion Klabat, Manado. Syarat lainnya, duel PSIM kontra Persis berakhir imbang. 

Meski begitu, peluang Sulut FC memenangi laga kandang terakhir sangat terbuka karena Persewar telah lolos ke babak 8 besar Liga 2 2019.

Jadi, tim mana yang akan menggenggam tiket tampil di babak 8 besar Liga 2 2019?

Lanjutkan Membaca ↓