Timnas Malaysia Bakal Gelar TC Lebih Awal Sebelum Menjamu Thailand dan Indonesia

Oleh Aning Jati pada 21 Okt 2019, 14:30 WIB
Timnas Malaysia

Bola.com, Kuala Lumpur - Posisi Timnas Malaysia yang kurang menguntungkan di klasemen sementara Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia membuat sang pelatih berupaya ekstra keras mengangkat performa pasukannya.

Dua laga kandang terdekat, yakni menjamu Thailand (14/11/2019) dan Indonesia (19/11/2019) di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, harus dimaksimalkan untuk mendulang poin penuh demi menjaga asa lolos ke putaran ketiga sekaligus ke putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Malaysia saat ini berada di urutan keempat klasemen Grup G, dengan poin tiga atau berselisih empat angka dari pemuncak klasemen sementara, Thailand. Vietnam, yang berada di peringkat kedua, juga mengoleksi poin tujuh.

Demi mewujudkan ambisi itu, pelatih Tan Cheng Hoe berencana memanggil pasukannya ke pemusatan latihan (TC) lebih dini. Ia ingin skuatnya punya persiapan lebih panjang dan matang sebelum meladeni tantangan Thailand dan Indonesia, yang terbilang pertandingan krusial.

TC yang lebih panjang itu secara khusus akan digunakan Tan Cheng Hoe untuk menggembleng fisik pasukannya agar memiliki tingkat kebugaran lebih baik, serta dari sisi teknis, memperbaiki kekurangan saat kalah 0-1 dari ietnam pada matchday ketiga (10/10/2019).

Hanya, kemungkinan TC lebih dini ini tak bisa diikuti seluruh pemain. Dipastikan akan ada pemain yang terlambat bergabung karena masih harus membela klub masing-masing di leg kedua semifinal Piala Malaysia 2019, Minggu (26/10/2019), dan kemungkinan hingga partai final.

Semifinalis Piala Malaysia 2019 itu adalah Kedah FA, Pahang FA, Johor Darul Ta'zim, dan Selangor FA.

Seperti diketahui, mayoritas penghuni Timnas Malaysia berasal dari empat klub tersebut.

2 of 2

Bekerja Keras

Timnas Malaysia
Pemain Timnas Malaysia saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di SUGBK, Jakarta, Rabu (4/9). Malaysia akan berhadapan dengan Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tan Cheng Hoe menyadari hal itu, namun ia tetap berharap pemain yang berasal dari luar empat klub itu untuk memenuhi panggilannya melakoni TC lebih dini.

"Kami belum mencapai tahap yang lebih baik. Pemain harus bekerja keras lagi dalam setiap latihan untuk memastikan kami berada di jalur terbaik," kata Tan Cheng Hoe, dikutip dari Harian Metro.

Sebagai catatan, Timnas Malaysia dan Indonesia sudah bersua dalam pertemuan pertama di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Pada pertandingan yang diwarnai kericuhan suporter itu, tim Harimau Malaya mampu bangkit dan memukul Tim Garuda dengan skor akhir 3-2.

Sumber: Harian Metro

Lanjutkan Membaca ↓