7 Pesepak Bola Indonesia Ini Namanya Mirip Pemain Bola Dunia

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 22 Okt 2019, 09:20 WIB
Diperbarui 22 Okt 2019, 09:20 WIB
Beckham Putra Nugraha
Striker Persib Bandung U-19 Beckham Putra Nugraha. (Liga-Indonesia)

Bola.com, Jakarta - Banyak pesepak bola top dunia yang menjadi inspirasi maupun idola bagi pemain lain dari berbagai penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Mereka terkadang tak hanya menganggumi skill-nya, tapi juga meniru penampilan pemain-pemain Eropa tersebut.

Saat menyaksikan pertandingan di Indonesia, kerap ditemui pemain yang berusaha meniru pesepak bola top dunia. Mereka bergaya layaknya pesepak bola top, mulai dari skill, penampilan hingga nama.

Satu di antara pemain Indonesia yang namanya meniru pesepak bola top dunia ialah Beckham Putra Nugraha. Nama tersebut sekilas mirip dengan legenda hidup Timnas Inggris, David Beckham.

Saat ini, pemain yang akrab dipanggil Beckham Putra itu bermain untuk Persib Bandung. Beckham Putra juga bermain di Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Fachri Husaini.

Selain Beckham Putra Nugraha, ada juga pesepak bola Indonesia yang namanya mirip dengan pemain dunia. Berikut Bola.com mengumpulkan 11 pemain Indonesia yang namanya terinspirasi dengan bintang sepak bola dunia.

2 dari 8 halaman

1. Ruud Gulid

Ruud Gullit PSIS Semarang
Ruud Gullit, gelandang PSIS Semarang saat tampil melawan Persijap. (Bola.com/Ronald Seger)

Pemain Indonesia ini namanya sama legenda sepak bola dunia ialah Ruud Gullit. Pemain tersebut pernah membela PSIS Semarang pada 2017 dan sukses mengantarkan klub berjuluk Mahesa Jenar itu promosi ke Liga 1.

Nama gelandang PSIS ini mengingatkan kita tentang legenda Timnas Belanda, Ruud Gullit. Konon, nama itu merupakan pemberian ayahnya yang memang menyukai sepak bola.

Namun, di kostum yang dipakai saat bermain, dia menuliskan nama berbeda. Dia memilih mencantumkan "Ruud Gulid". 

3 dari 8 halaman

2. Maldini Pali

Maldini Pali, PSM Makassar
Maldini Pali saat membela PSM Makassar pada Trofeo Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Nama Maldini Pali mulai meroket saat memperkuat Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Indra Sjafri. Kala itu, Maldini Pali dkk sukses membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF pada 2013 di Sidoarjo.

Sesuai dengan namanya, mantan pemain PSM Makassar itu memang mirip dengan legenda hidup AC Milan, Paolo Maldini. Kecintaan sang ayah terhadap Rossoneri menjadi alasan kenapa dia diberi nama Maldini Pali.

Meski terinspirasi dari Paolo Maldini, namun sang pemain bukanlah pemain bertahan. Maldini Pali merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap.

4 dari 8 halaman

3. Gian Zola Nasrulloh

Gian Zola Nasrulloh Idul Fitri 2017
Pemain Timnas Indonesia U-22, Gian Zola Nasrulloh, mengucapkan selamat Idul Fitri 2017. (Bola.com/Okie Prabhowo)

Gian Zola merupakan kakak kandung dari Beckham Putra Nugraha. Sekilas, nama tersebut terinspirasi dari mantan pemain Chelsea, Gianfranco Zola.

Nama Zola tentunya diberikan orang tua agar bisa menjadi pesepak bola hebat seperti idolanya. Saat ini, Gian Zola bermain di Persib Bandung.

5 dari 8 halaman

4. Gianluca Pagliuca Rossy

Kiper Timnas Indonesia U-19 Merapat ke Persija
Penjaga gawang Timnas Indonesia U-19, Gianluca Pagliuca Rossy saat mengikuti latihan di Lapangan A Kompleks GBK, Jakarta, Kamis (22/3). Gianluca Pagliuca Rossy resmi dikontrak Persija selama dua tahun. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Nama Gianluca Pagliuca Rossy mulai muncul saat dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-19 untuk ajang Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia 2017. Saat ini, Gianluca Pagliuca Rossy bermain di Liga 2 bersama Babel United.

Sebelum bergabung dengan Babel United, Rossy pernah membela Persija Jakarta. Jika dilihat dari namanya memang mirip dengan kiper Timnas Italia pada era 1990-an, Gianluca Pagliuca.

Selain namanya yang mirip, posisi bermainnya juga mirip, yakni sebagai penjaga gawang.

6 dari 8 halaman

5. Sutan Diego Armando Ondriano Zico

Sutan Zico
Pemain Timnas Indonesia U-16, Sutan Zico, tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (15/3/2018). Timnas Indonesia berhasil menjuarai turnamen Jenesys di Jepang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain yang akrab dipanggil Sutan Zico itu pernah menjadi andalan Timnas Indonesia U-16 di bawah asuhan Fachri Husaini. Selain kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar, nama lengkapnya juga banyak menjadi perhatian karena panjang dan unik.

Nama lengkapnya terinspirasi dari dua legenda top dari Amerika Latin. Nama tengah pemain berusia 17 tahun itu diambil dari legenda Argentina, Diego Armando Maradona. Sementara Zico merupakan legenda Timnas Brasil.

 

7 dari 8 halaman

6. Fauzi Toldo

Persik Kediri
Mahyadi Panggabean dan Fauzi Toldo, dua eks pemain Sriwijaya FC kembali ke Persik Kediri. (Bola.com/Robby Firly)

Nama Fauzi Toldo mirip dengan mantan kiper Inter Milan, Francesco Toldo. Bukan hanya namanya saja yang mirip, posisi bermainnya juga mirip, yakni sebagao penjaga gawang.

Konon, nama Toldo tersebut bukanlah pemberian dari kedua orang tuanya. Melainkan berasal dari pelatihnya, Suimin Diharja, saat masih membela Sriwijaya FC.

Namanya yang hanya Fauzi membuat sang pelatih menambahkan Toldo di belakangnya.

8 dari 8 halaman

7. Rivaldo Todd Ferre

Todd Rivaldo Ferre
Pemain Timnas Indonesia, Todd Rivaldo Ferre, berpose usai latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Kamis (22/2/2018). Latihan ini dilakukan untuk persiapan Piala AFF U-18 2018 dan Piala Asia U-19 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Nama Rivaldo Todd Ferre mulai mencuat saat menjadi pemain terbaik Liga 1 U-19 pada 2017. Selain itu, ia juga cukup gemilang saat membela tim utama Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia U-19 pada 2018.

Jika dilihat dari namanya memang mirip dengan legenda asal Brasil, Rivaldo. Tak hanya itu, posisi bermainnya juga sama dengan Rivaldo, yakni sebagai gelandang.

Lanjutkan Membaca ↓