Sukses


Exco PSSI Berharap Zainudin Amali Alokasikan Anggaran untuk Sepak Bola Usia Dini

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Refrizal mengatakan, federasi sepak bola Indonesia yang dijalankannya berharap banyak terhadap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di kabinet Indonesia Maju, Zainudin Amali, untuk memerhatikan pembinaan sepak bola usia dini.

Refrizal mengatakan PSSI tidak pernah mendapatkan kucuran anggaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) era Imam Nahrawi. Untuk itu, ia berharap Menpora Zainudin Amali mau membantu dalam meningkatkan kualitas para pemain muda dengan cara membenahi sistem kompetisi.

"Kami tidak mendapatkan anggaran dari Menpora yang sebelumnya. Pada SEA Games 2017 saja, kami berangkat sendiri. Sepak bola ini tak ujug-ujug lahir pemain langsung senior. Harus dari pembinaan usia dini," ujar Refrizal saat dihubungi Bola.com, Rabu (23/10/2019).

"Bukan PSSI yang dapat anggaran. Tapi, pembinaannya yang penting. Anggarannya bisa melalui PSSI. Nanti, PSSI lanjutkan ke Asosiasi Provinsi. PSSI tidak bisa campur dengan anggaran lain. Betul-betul anggaran untuk pembinaan usia muda," kata Refrizal.

"Kalau saya inginnya sepak bola usia dini itu U-22 ke bawah. Tapi, kemarin didiskusikan menjadi U-19 ke bawah. Kalau Menpora Zainudin Amali mengambil U-10, U-12, dan U-14 di daerah, misalnya Piala Soeratin, itu sudah bagus," tuturnya.

Refrizal menyinggung Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional yang telah dibuat oleh Presiden Jokowi membutuhkan anggaran. Apalagi ketika pelantikan Menpora, Jokowi sempat menyinggung sepak bola.

"Zainudin Amali menteri semua cabang olahraga. Tapi, Pak Presiden tadi juga menyebut sepak bola kepadanya karena memang ada Inpresnya. Ini sebenarnya harus ditunjang juga dengan anggaran. Saya kira nanti anggaran bisa dipersiapkan oleh teman-teman di DPR," kata Exco PSSI itu.

2 dari 2 halaman

Sinergi dengan Menpora

Refrizal juga melihat masa depan olahraga Indonesia cerah di tangan Zainudin Amali. Oleh sebab itu, ia optimistis sinergi antara PSSI dengan Kemenpora dapat berjalan mulus.

"Kami berharap tak hanya dengan PSSI, semua unsur olahraga, kami ingin bekerja sama sebaik-baiknya dengan Menpora. Khususnya, di pembinaan usia muda," imbuh Refrizal.

"Wasit kami juga butuh mendapatkan perhatian, butuh dibina. Wasit muda juga perlu naik kelas. Minimal kami punya 25 wasit dengan standar FIFA untuk Liga 1," jelas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 tersebut.

Video Populer

Foto Populer