Resmi: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Oleh Wiwig Prayugi pada 24 Okt 2019, 11:43 WIB
Diperbarui 26 Okt 2019, 11:17 WIB
FOTO CERITA: Rumah itu Bernama Gelora Bung Karno

Bola.com, Shanghai - Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Hasil bidding host ajang tersebut diumumkan oleh FIFA setelah council meeting di Shanghai, Kamis (24/10/2019) pagi WIB.

"Kami mengumumkan Piala Dunia U-21 2021 akan digelar di Indonesia. Selamat," demikian pernyataan Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam konferensi pers.

Dalam bidding kali ini, Indonesia menyingkirkan tujuh negara pesaing, yakni Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (tuan rumah bersama), Myanmar dan Thailand (tuan rumah bersama), Brasil serta Peru.

Brasil dan Peru menjadi pesaing terkuat Indonesia setelah lima negara mundur . Peru kemudian ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17, pada tahun yang sama.

Pada 16 September 2019, FIFA menginspeksi secara acak lima dari sepuluh stadion dan lapangan latihan yang disiapkan PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021. Inspeksi pertama dilakukan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor dan dilanjut ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hari kedua dan ketiga, FIFA mengecek Stadion Manahan, Solo, dan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, beserta lapangan latihan yang dipersiapkan PSSI

Stadion terakhir yang diperiksa FIFA adalah Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Selain stadion, FIFA juga mengecek dua lapangan latihan.

Total, PSSI menyiapkan 10 stadion untuk Piala Dunia U-20 2021.

 

2 of 2

Siapkan 10 Stadion

Latihan Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, bersiap memimpin latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Senin (10/9/2018). Latihan ini persiapan jelang laga uji coba melawan Mauritius. (Bola.com/Vitalis Trisna)

Selain lima stadion di atas, masih ada lima venue lain yang dipersiapkan PSSI sebagai venue untuk Piala Dunia U-20 2021.

Kelima stadion itu ialah Patriot Candrabhaga, Bekasi, Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan Gelora Sriwijaya, Palembang.

Lanjutkan Membaca ↓