Stadion Mandala Krida Masih Punya Banyak PR Sebelum Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021

Oleh Vincentius Atmaja pada 25 Okt 2019, 17:45 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 17:45 WIB
Stadion Mandala Krida
Suporter PSIM menyaksikan timnya berlaga di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Bola.com, Yogyakarta - Stadion Mandala Krida yang terletak di Kota Yogyakarta, masuk nomine 10 Stadion yang disiapkan PSSI sebagai satu di antara venue Piala Dunia U-20 2021. Markas klub PSIM Yogyakarta ini sempat dikunjungi PSSI dan perwakilan FIFA beberapa waktu lalu.

Stadion Mandala Krida disebut-sebut bisa bergandengan dengan Stadion Manahan, Solo, untuk memainkan satu di antara fase penyisihan grup Piala Dunia U-20 2021.

Stadion Mandala Krida, yang mampu menampung 20 ribu penonton ini, juga baru direnovasi Pemerintah Provinsi DIY dengan menelan anggaran total Rp174 miliar.

Meski begitu, Stadion Mandala Krida masih memiliki sejumlah kekurangan jika ingin bersaing merebut posisi enam venue. Setidaknya ada empat pekerjaan rumah yang harus dibereskan agar layak sebagai perhelatan besar garapan FIFA.

"Stadion Mandala Krida belum dilengkapi lampu dan single seat di seluruh tribune. Kemudian ruang ganti pemain dan rumput yang masih harus menyesuaikan standar dari FIFA," kata Eka Heru Prasetya, Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Disdikpora DIY, Jumat (25/10/2019).

"Kemudian pengadaan lampu stadion paling tidak membutuhkan anggaran lebih dari Rp2 miliar. Lampu juga harus melalui genset, tak bisa hanya mengandalkan pasokan listrik PLN untuk berjaga jaga jika mati listrik," jelas Eka Heru Prasetya.

Di tribune penonton, Stadion Mandala Krida sama sekali belum tertempel kursi, kecuali di tribune VVIP. Eka turut memperhatikan masalah ruang ganti pemain yang wajib memiliki empat ruangan.

"Kondisi rumput juga perlu kembali dilakukan pengecekan apakah sudah bergelombang atau perlu dirapikan lagi," ujar Eka.

2 dari 2 halaman

Apresiasi terhadap Gubernur DIY

Stadion Mandala Krida
Stadion Mandala Krida saat digunakan Timnas Indonesia U-22 berlatih pada Sabtu (7/9/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Sementara itu, Ketua Umum Asprov PSSI DIY, Ahmad Syauqi Soeratno, mengapresiasi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang telah merespons baik masyarakat sepak bola Indonesia dengan mengizinkan DIY sebagai satu di antara calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

"Semoga setelah penunjukan ini disertai persiapan komprehensif dan terencana agar dapat segera memenuhi persyaratan dan kelengkapan infrastruktur atau fasilitas pendukungnya," ujar Syauqi.

Lanjutkan Membaca ↓