Persebaya Segera Kenalkan Aji Santoso?

Oleh Aditya Wany pada 31 Okt 2019, 11:45 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 10:18 WIB
Persija Jakarta Vs Persela Lamongan

Bola.com, Surabaya - Kabar merapatnya Aji Santoso ke Persebaya Surabaya semakin berembus kencang. Pelatih berusia 49 tahun itu dirumorkan akan menjadi pelatih kepala Bajul Ijo untuk menggantikan Wolfgang Pikal yang telah mundur pada Rabu (30/10/2019).

Posisi pelatih kepala Persebaya masih lowong akibat mundurnya Pikal setelah mendapat tekanan dari Bonek. Suporter dengan warna kebesaran hijau itu melakukan kerusuhan pasca Persebaya ditekuk 2-3 oleh PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/10/2019).

Berdasarkan informasi yang diterima Bola.com, manajemen Persebaya juga telah menghubungi Aji untuk menggantikan Pikal. Namun, Aji sendiri enggan membeberkan secara jelas apakah dirinya sudah menjalin komunikasi terkait tawaran itu.

“Coba tanya ke manajemen Persebaya saja langsung karena saya tidak berani cerita apa-apa sebelum mendapat informasi resmi dari manajemen,” ucap Aji saat dihubungi Bola.com, Rabu malam (30/10/2019).

Aji seolah memposisikan dirinya belum mendapat tawaran dari Persebaya. Tapi, dia sendiri rupanya telah mengetahui kondisi Persebaya yang tengah terpuruk dengan gagal menang dalam delapan laga terakhir. Itulah alasan Pikal memutuskan mundur.

“Intinya kalau memang tawaran itu datang kembali ke saya, tentunya ini adalah tantangan dan penawaran. Persebaya sudah melewati enam pertandingan belum menang. Kondisinya kurang ideal, justru tantangan seperti ini yang saya suka,” ucap pelatih asal Malang itu.

Kabarnya, manajemen Persebaya bakal segera mengenalkan Aji sebagai pelatih baru, bahkan akan dilakukan hari ini, Kamis (31/10/2019). Aji sendiri mengirim sinyal membenarkan kabar tersebut saat ditanya Bola.com.

“Saya tidak bisa ngomong banyak, besok (hari ini, Kamis) lah pasti sudah jelas semua. InsyaAllah, nanti mungkin bisa ketemu di Surabaya,” imbuhnya, Rabu.

Bukan hal yang mengejutkan bila Persebaya buru-buru mengumumkan pelatih baru. Sebab, Ruben Sanadi dkk. akan menjamu PSM Makassar di tempat yang belum ditentukan, Sabtu (2/11/2019).

2 dari 2 halaman

Pengalaman Aji Santoso

Persija Jakarta Vs Persela Lamongan
Pelatih Persela, Aji Santoso, usai melawan Persija pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/11). Persija menang 3-0 atas Persela. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Musim ini, Aji tercatat melatih Persela Lamongan di Liga 1 2019, tetapi kemudian mundur pada pekan keenam, tepatnya 30 Juni 2019. Penyebabnya, klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu menuai hasil buruk.

Aji lalu hijrah ke Yogyakarta dengan membesut PSIM Yogyakarta yang tampil di Liga 2 2019. Mulai melatih pada 15 Juli, Aji tak sampai sebulan di sana dan memutuskan mundur pada 10 Oktober.

Kini, Aji berstatus tanpa klub. Meski musim ini berjalan kurang baik buatnya, Aji dirasa cocok menangani Persebaya saat ini. Sebab, dia tiga musim terakhir menyelamatkan Persela dari papan bawah pada 2016, 2017, dan 2018.

Kondisi itu sama dengan yang dialami Persebaya yang butuh kebangkitan. Pelatih berlisensi AFC Pro itu juga pernah membawa Persebaya promosi ke ISL 2009-2010 dengan status sebagai caretaker.

Ditambah lagi, Aji merupakan kapten tim Persebaya saat menjuarai Ligina 1996-1997. Dengan pengetahuannya terhadap kultur Persebaya, Aji diharapkan mampu mengembalikan muruah tim asal Kota Pahlwan tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓