Hamka Hamzah Ungkap Penyebab Blunder Saat Melawan Badak Lampung

Oleh Iwan Setiawan pada 01 Nov 2019, 21:20 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 21:20 WIB
Badak Lampung vs Arema
Kapten tim Arema, Hamka Hamzah, berduel dengan kapten Badak Lampung, Artur Bonai, di Stadion Sumpah Pemuda, Lampung (1/11/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bola.com, Lampung - Arema tidak dalam permainan terbaik ketika menantang tuan rumah Badak Lampung di Stadion Sumpah Pemuda, Lampung, Jumat (1/11/2019), sehingga mereka harus takluk 3-4 dari tim papan bawah tersebut.

Setelah pertandingan laga pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019 itu, kapten tim Arema, Hamka Hamzah, langsung meminta maaf kepada Aremania. Pasalnya, dia juga ikut andil dalam kekalahan tersebut. Bek 35 tahun itu melakukan blunder yang membuat gol pertama Badak Lampung di menit ke-10.

Hamka mengaku salah antisipasi bola karena angin bertiup lumayan kencang. Dia sudah mengambil ancang-ancang menyapu bola, tetapi justru bola datangnya agak pelan karena tertahan angin.

Pemain Badak Lampung, Vinicius Vidal Marquinhos, serasa mendapat berkah dari blunder itu. Pemain asal Brasil ini bisa menyerobot bola dan leluasa mengharahkannya ke sudut gawang Arema.

"Cuaca di pertandingan tadi memang berbeda. Anginnya bisa membuat salah antisipasi. Pemain Badak Lampung juga mengakui hal itu. Baru hari ini ada angin kencang saat pertandingan. Tapi, apa pun itu, saya meminta maaf kepada Aremania karena belum bisa memberikan kemenangan lagi saat Arema away," kata Hamka.

2 dari 2 halaman

Mencoba Bertanggung Jawab

Badak Lampung vs Arema
Gelandang Arema, Takafumi Akahoshi, tak sanggup memberikan kemenangan di kandang Badak Lampung, Jumat (1/11/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Mantan pemain Persija Jakarta ini sempat "bertanggung jawab" atas blundernya. Dalam 10 menit terakhir, dia sempat menyamakan kedudukan menjadi 3-3 lewat golnya. Seperti biasa, Hamka naik sebagai striker saat Singo Edan tertinggal.

Hanya, setelah kedudukan imbang, gawang Arema jebol lagi pada menit ke-86, kali ini lewat tendangan bebas Marquinhos.

"Semua pemain sudah berjuang dalam laga tadi. Saya juga berusaha membayar blunder dengan mencetak gol. Tapi, perlu diingat juga, Arema menjalani enam pertandingan dalam tiga minggu. Itu membuat banyak pemain tumbang karena cedera, sakit dan kondisi kurang fit," jelas pemain asal Makassar itu.

Arema sebenarnya berharap bisa meraih kemenangan dari markas Badak Lampung kantaran mereka punya target mengejar posisi Madura United yang menempati runner-up di klasemen sementara.

Namun, sekarang Arema terpaut enam poin sehingga butuh dua kemenangan dan berharap Madura United kalah untuk bisa menyamainya.

Lanjutkan Membaca ↓
Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia