Sukses


Terpilih Jadi Anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro Sebut Pembangunan Infrastruktur

Bola.com, Jakarta - Haruna Soemitro secara resmi terpilih menjadi anggota komite eksekutif (Exco) PSSI untuk periode 2019-2023. Dia bersama 11 nama lain memperoleh jabatan itu di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Setelah terpilih dalam Kongres Pemilihan PSSI di Jakarta, Sabtu (2/11/2019), Haruna menyoroti fasilitas dan infrakstruktur sepak bola dalam negeri yang perlu diperbaiki.

Menurut Haruna, PSSI perlu kembali mengembangkan infrastruktur yang diperlukan oleh Timnas Indonesia senior maupun kelompok usia.

"Hal perlu dikembangkan dalam sepak Indonesia adalah infrastruktur, utamanya tempat latihan. Karena itu hal yang vital untuk mendapatkan pemain-pemain terbaik," kata pria yang juga menjabat manajer Madura United itu kepada Bola.com, Minggu (3/11/2019).

"Selama ini, banyak klub, sekelas Liga 1 saja, yang dipusingkan dengan lapangan latihan. Tentang fasilitas tempat latihan ini federasi penting untuk mengatur dan bertindak," imbuh pria asal Surabaya tersebut.

Dalam banyak kasus, klub-klub peserta Liga 1 memang kesulitan memiliki tempat latihan permanen. Sebut saja Persib Bandung dan Persebaya Surabaya, yang kerap berpindah-pindah lapangan di kota masing-masing.

2 dari 2 halaman

Tertinggal dari Vietnam

Fasilitas yang didapat oleh kontestan Liga 1 memang menjadi urusan masing-masing klub. Namun, bantuan dari federasi bakal mendorong pula lahirnya pemain Timnas Indonesia yang lebih berkualitas.

"Formulasinya kami akan lihat apakah melalui verifikasi faktual atau melalui AFC Licensi. Kita harus sadari bahwa Indonesia tertinggal dengan Vietnam, karena di sana sarana tempat latihan sangat baik," imbuh Haruna.

Selama ini, infrastruktur dan fasilitas latihan terkesan terpusat di Jakarta. Di berbagai daerah, Asprov PSSI masing-masing harus bergerak untuk membangun. Atau, klub-klub profesional yang mulai melakukannya.

Video Populer

Foto Populer