Duel Antarlini PSM Vs Kalteng Putra: Ujian Kapasitas Amido Balde

Oleh Abdi Satria pada 06 Nov 2019, 09:40 WIB
Diperbarui 06 Nov 2019, 09:40 WIB
PSM Makassar Vs Kalteng Putra - Head to Head Pemain

Bola.com, Makassar - PSM Makassar memiliki harapan tinggi ketika mendatangkan Amido Balde dari Persebaya Surabaya. Status sebagai top scorer Piala Indonesia 2018 jadi acuannya.

Manajemen Juku Eja tak peduli dengan status Balde yang tak lagi terpakai di Persebaya.

Awalnya, penampilan Balde menjanjikan pada laga debutnya dengan mencetak satu dari dua gol PSM ketika menekuk Persela Lamongan 2-1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, 1 September lalu. Eks striker Glasgow Rangers ini pun kontan mendapat pujian dari suporter PSM.

Tapi, situasinya ini tak lama dinikmati Balde. Baru tiga partai bersama Juku Eja, Balde terkena cedera hamstring yang membuatnya harus beristirahat. Ketika pulih, penampilan Balde tak langsung seperti dulu. Sorotan dan kritikan suporter pun terus menderanya.

Menghadapi Kalteng Putra pada laga pekan ke-27 Shopee Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta, Rabu (6/11/2019), jadi ajang uji kapasitas Balde di hadapan pendukung PSM.

Kalau dimainkan oleh pelatih Darije Kalezic dan tetap gagal memberi kontribusi, pamor Balde kian tenggelam. Tentu hal ini tidak diinginkan Balde. Apalagi, pada pertandingan nanti, ia akan dimanjakan oleh umpan terukur Wiljan Pluim.

Bukan hanya itu, Darije bisa saja memilih opsi langsung menduetkan Balde dengan Ferdinand Sinaga di lini depan untuk memburu gol kemenangan.Bila hal terjadi, jelas Kalteng Putera berada dalam bahaya.

Target mencuri poin di Makassar untuk melepaskan diri dari zona degradasi bakal terkendala. Selain Balde dan Ferdinand yang dibebankan mencetak, masih ada pemain lain yang berpotensi menjebol gawang Kalteng Putera yakni Rizky Pellu dan Marc Klok.

Lantas, siapa saja pemain di setiap lini yang akan memegang peranan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga PSM Makassar kontra Kalteng Putra PSM versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Lini Belakang

Piala Indonesia 2019 : Persija Jakarta Vs PSM Makassar
Bek PSM Makassar, Aaron Evans, saat melawan Persija Jakarta pada laga Piala Indonesia 2019 di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/7). Persija menang 1-0 atas PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

PSM Makassar kembali mengandalkan duet Hasim Kipuw dan Aaron Evans sebagai 'tembok' buat kiper Rivki Mokodompit. Duet ini wajib meredam striker Kalteng Putera, Eydison Teofilo dan pergerakan 'liar' Ferinando Pahabol yang bergerak dari second line.

Sementara, dua bek sayap, Beny Wayudi dan Taufik Hidayat harus lebih aktif membantu serangan dengan mengirim umpan silang untuk mengoptimalkan kelebihan striker Amido Balde dalam duel bola atas.

Sementara lini belakang Kalteng Putra dituntut kerja keras untuk meredam agresivitas lini depan PSM. Bukan hanya meminimalkan kemampuan Balde tapi juga meredam kecepatan penyerang sayap muda PSM, Rizky Eka Pratama.

Tak hanya itu, duet OK Jhon dan Rafael Bonfim harus lebih kuat untuk mengantisipasi situasi bola mati yang selama ini jadi kekuatan PSM.

3 dari 4 halaman

Tengah

Liga 1 2019 : Persija Jakarta Vs Kalteng Putra
Gelandang Kalteng Putra, I Gede Sukadana, saat melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 2019 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (20/8). Persija menang 3-0 atas Kalteng Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Marc Klok, Wiljan Pluim dan Rizky Pellu sudah dua musim tampil bersama PSM Makassar di Liga 1. Jadi, wajar kalau trio ini selalu jadi andalan pelatih Darije Kalezic bila tidak menjalani sanksi kartu atau cedera.

Ketiganya bukan hanya menjadi penyeimbang tapi juga mencetak gol. Khususnya Pluim, gelandang asal Belanda ini dalam kondisi terbaik, tiga poin atas Kalteng Putera bukan hal yang sulit. Faktor Pluim inilah yang bakal diwaspadai oleh Kalteng Putra.

Sudah bisa dipastikan pelatih Gomes de Oliveira bakal menugaskan pemainnya untuk mematikan pergerakan Pluim. Kalteng Putra punya gelandang bertipe itu pada diri I Gede Sukadana dan Fajar Handika.

4 dari 4 halaman

Depan

Bhayangkara FC Vs PSM Makassar
Striker PSM Makassar, Amido Balde, berebut bola dengan pemain bek Bhayangkara FC, Anderson Salles, pada laga Shopee Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Selasa (29/10).Bhayangkara menang 3-2 atas PSM. (Bola.com/Yoppy Renato)

PSM Makassar berharap ketajaman Amido Balde. Top scorer Piala Indonesia 2018 ini tak lagi bermain baik setelah pulih dari cedera hamstring.

Padahal, PSM memiliki pengumpan andal seperti Wiljan Pluim dan Rizky Eka Pratama. Kalau skenario satu striker tidak berjalan optimal, pelatih Darije Kalezic bisa saja memainkan Balde dengan Ferdinand Sinaga secara bersamaan.

Sementara, Kalteng Putra bertumpu pada Eydison Teofilo menyusul absennya Patrich Wanggai yang diganjar kartu merah pada pertandingan melawan Persib Bandung (1/11/2019).

Seperti Balde, Edyson yang baru membela Kalteng Putra pada putaran kedua juga dalam tekanan karena dinilai belum optimal bersama klub barunya itu.

Lanjutkan Membaca ↓