Sukses


Bonek Berharap Aji Santoso Bisa Bangkitkan Persebaya

Bola.com, Surabaya - Kehadiran Aji Santoso sebagai pelatih kepala Persebaya Surabaya membuat Bonek mengundang banyak harapan. Suporter fanatik Persebaya itu ingin pelatih berusia 49 tahun itu kembali membangkitkan tim kebanggaannya.

Persebaya Surabaya saat ini tercecer di peringkat ke-11 dengan raihan 31 poin. Itu tidak terlepas dari enam laga tanpa kemanangan secara beruntun yang dialami Bajul Ijo. Jarak poin mereka hanya enam angka dari Persela Lamongan yang berada di peringkat ke-16 atau posisi teratas zona degradasi.

Status Aji Santoso sebagai legenda hidup Persebaya membuat Bonek cukup segan. Pelatih asal Malang itu diharapkan mampu berbuat banyak dan mengangkat kembali Bajul Ijo untuk setidaknya ke papan tengah.

Coach Aji pelatih berpengalaman. Sebenarnya, siapa pun pelatih, Bonek pasti ingin ada perubahan yang lebih baik untuk Persebaya. Sekarang, coach Aji harus membuktikan bisa membantu menaikkan Persebaya,” ucap Cak Cong, seorang pentolan Bonek, kepada Bola.com.

Dalam beberapa kesempatan, para pentolan Bonek mendatangi latihan Persebaya setelah resmi ditangani Aji sejak Kamis (31/10/2019). Mereka turut memantau proses yang sedang dijalani oleh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Aji mulai melakukan perubahan porsi latihan Persebaya. Dia mengembalikan pola latihan lapangan kecil. Itu bisa meningkatkan intensitas penguasaan bola sekaligus umpan pendek khas Persebaya.

“Pertanda baik itu sudah terlihat. Persebaya Surabaya perlu memainkan laga karakternya dengan bermain bola pendek. Saya lihat pemain juga punya motivasi kuat untuk bangkit. Mereka punya semangat berbenah,” ucap Cak Cong.

Video Pilihan

2 dari 2 halaman

Butuh Permainan yang Menghibur

Terakhir kalinya Persebaya Surabaya memainkan gaya permainan khasnya terjadi saat dilatih oleh arsitek asal Argentina, Angel Alfredo Vera, pada 2017-2018. Selama itu, Bajul Ijo memainkan umpan-umpan pendek dan kecepatan pemain sayap.

“Bagi Bonek, kalau memang tidak menang, setidaknya permainan di lapangan itu enak ditonton. Jadi, kami tidak terlalu kecewa. Kalau dari permainan saja sudah membosankan akan sulit. Yang penting terlihat bagaimana usaha keras pemain untuk menang,” tutur Cak Cong.

Aji dirasa cocok menangani Persebaya saat ini. Dia tercatat pernah membawa Persebaya promosi ke ISL 2009-2010 dengan status sebagai caretaker. Sebagai pemain, Aji merupakan kapten tim Persebaya saat menjuarai Ligina 1996-1997.

Dengan pengetahuannya terhadap kultur Persebaya, Aji diharapkan mampu mengembalikan muruah tim asal Kota Pahlwan tersebut.

Video Populer

Foto Populer