Sukses


PSSI Segera Copot Simon McMenemy dari Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pengurus baru PSSI menggelar rapat Eksekutif Komite perdana dalam di Jakarta pada Selasa (5/11/2019). Satu di antara topik pembahasan adalah perihal Timnas Indonesia, termasuk status sang pelatih kepala timnas senior, Simon McMenemy.

Hasilnya, seperti dilansir dari Antara, Selasa malam, PSSI resmi menyiapkan dua kandidat pengganti Simon McMenemy. Hal itu berarti, pelatih asal Skotlandia itu harus rela lengser sebelum kontraknya berakhir setelah Piala AFF 2020 usai.

Sebagai pengganti Simon McMenemy di kursi pelatih kepala Timnas Indonesia, PSSI merilis secara resmi dua nama, yakni Luis Milla (Spanyol) dan Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Pengumuman dua kandidat ini sebenarnya sudah tak mengejutkan, karena keduanya sudah disebut-sebut oleh Iwan Bule, sapaan karib Mochamad Iriawan, setelah terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 dalam Kongres Pemilihan di Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

"Dua pelatih itu sudah dikontak oleh Sekjen PSSI, tapi mereka masih terikat kontrak dengan pekerjaan lain sampai November 2019. Nantinya mereka akan kami undang ke Indonesia untuk memaparkan programnya di Timnas Indonesia di depan Komite Eksekutif PSSI, termasuk saya," tutur Iwan Bule, di Jakarta.

Iwan Bule menegaskan PSSI tak akan asal-asalan dalam mencari pengganti Simon McMenemy untuk Timnas Indonesia.

Pasalnya, pelatih terpilih nantinya diproyeksikan turut membantu persiapan Timnas Indonesia U-20 menuju Piala Dunia U-20 2021.

"Dia akan terus melatih sampai 2021. Kalau kami salah pilih, kasihan timnas," ucapnya.

Mengacu pada proses pemilihan dua kandidat Simon McMenemy tersebut, Iwan Bule menargetkan Timnas Indonesia memiliki pelatih baru pada awal 2020.

Pasalnya, tentu pemilihan memakan waktu, termasuk melakukan fit and proper test pada dua kandidat, apalagi keduanya baru bisa ke Indonesia setelah November 2019.

2 dari 2 halaman

Jadi Sorotan Panas

Simon McMenemy dalam sorotan panas menyusul kegagalannya membawa Timnas Indonesia memenangi satu pertandingan pun dalam empat partai yang sudah dijalani di penyisihan Grup G putaran kedua Piala Dunia 2022 zona Asia. Hal itu dianggap memalukan.

Tim Garuda kalah dari negara-negara tetangga, yakni Malaysia (5/9/2019), Thailand (10/9/2019), dan Vietnam (15/10/2019), pius Uni Emirat Arab (10/10/2019).

Imbasnya, Timnas Indonesia berada di dasar klasemen sementara. Kans ke putaran ketiga sekaligus lolos ke Piala Asia 2023 secara otomatis pun menjadi kian tipis.

Sumber: Antara

Video Populer

Foto Populer