Sukses


PSSI Ungkap Alasan Luis Milla dan Shin Tae-yong Layak Jadi Kandidat Pelatih Anyar Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - PSSI sudah memastikan segera mencopot Simon McMenemy dari kursi pelatih kepala Timnas Indonesia. Hal itu menjadi satu di antara hasil dalam rapat Komite Eksekutif PSSI di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Pada kesempatan sama, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga memunculkan dua pelatih sebagai kandidat pengganti Simon McMenemy. Keduanya adalah Luis Milla (Spanyol) dan Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Kemunculan dua pelatih itu dalam daftar kandidat pelatih anyar Timnas Indonesia tentu bukan tanpa sebab. Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, yang diminta melakukan kontak dengan keduanya, membeberkan alasan PSSI melirik dua pelatih senior tersebut.

Seperti dilansir dari Antara, Selasa (5/11/2019), Ratu Tisha mengungkapkan nama Luis Milla dan Shin Tae-yong muncul karena PSSI butuh pelatih yang pernah melatih di turnamen sekelas Piala Dunia.

Hal itu berkaitan dengan rencana PSSI, dengan memproyeksikan pelatih terpilih, membantu persiapan Timnas Indonesia U-20 menuju Piala Dunia U-20 2021. Sesuai pernyataan Mochamad Iriawan, pelatih terpilih nantinya akan melatih Timnas Indonesia hingga 2021. 

"Pelatih itu memang untuk timnas senior, tapi dia juga membantu persiapan tim ke Piala Dunia U-20. Jadi, tak boleh tanggung, kami ingin memilih pelatih yang berpengalaman di level Piala Dunia," ujar Ratu Tisha, dikutip dari Antara.

2 dari 2 halaman

Rekam Jejak

Luis Milla dan Shin Tae-yong memenuhi kualifikasi itu. Buat publik Indonesia, Luis Milla tentu bukan sosok asing. Pelatih berusia 53 tahun itu pernah membesut Timnas Indonesia di level senior dan U-23/U-22, mulai awal 2017 hingga usai Asian Games 2018.

Mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu pernah membawa Spanyol menjuarai Piala Eropa U-21 pada edisi 2011. Prestasi itu jadi satu di antara pertimbangan PSSI ketika itu, merekrutnya untuk melatih Tim Garuda.

Sedangkan Shin Tae-yong, memang belum begitu populer di kalangan pencinta sepak bola Indonesia. Namun, begitu dikaitkan dengan kejutan Korea Selatan mengalahkan sang juara bertahan, Jerman, di penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 dengan skor 2-0, publik pasti langsung beraksi.

Shin Tae-yong merupakan pelatih Timnas Korea Selatan pada saat itu. Kendati the Taeguk Warriors gagal melangkah ke 16 besar, keberhasilan mengalahkan sekaligus mengirim pulang Jerman secara dini dari Piala Dunia 2018 jadi prestasi tersendiri yang masih dikenang sampai saat ini.

Pelatih berusia 49 tahun itu hampir membawa Timnas Korea Selatan menjadi juara Piala AFC U-23 2016. Selain itu, Shin Tae-yong juga pernah mengantar Timnas Korea Selatan U-23 melaju sampai perempat final Olimpiade Rio 2016.

Kemudian pada 2017, Shin Tae-yong berhasil mengantarkan Timnas Korea Selatan U-20 melaju sampai babak 16 besar Piala Dunia U-20 2017.

Mochamad Iriawan mengungkap baik Luis Milla maupun Shin Tae-yong masih terikat pekerjaan lain sampai November 2019 ini. Setelah itu, keduanya akan diundang ke Indonesia untuk memaparkan rencana programnya di Timnas Indonesia.

Sumber: Antara

Video Populer

Foto Populer