Sukses


Laga Kontra Malaysia, Perpisahan Simon McMenemy dengan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - PSSI memastikan mengganti Simon McMenemy dari jabatan pelatih kepala Timnas Indonesia. Namun, pencopotan itu tak dilakukan serta-merta. 

PSSI masih memberikan satu kesempatan terakhir pada Simon McMenemy untuk berkarya bersama Timnas Indonesia.

Partai kontra Timnas Malaysia di penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, akan jadi laga terakhir sekaligus perpisahan pelatih asal Skotlandia itu bersama Timnas Indonesia.

Pertandingan kelima Timnas Indonesia di penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini akan digelar di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Malaysia, 19 November 2019.

Setelah pertandingan itu, Simon McMenemy dipastikan lengser, dan bakal ada sosok lain yang menggantikannya sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia. 

Itu menjadi momen pas untuk melakukan pergantian pelatih lantaran Timnas Indonesia senior baru melanjutkan pertarungan di kualifikasi Piala Dunia 2022 pada akhir Maret 2020.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Simon atas kerja sama selama ini. Semoga laga melawan Malaysia, kita mendapatkan hasil yang positif," kata Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, di Jakarta, Rabu (6/11/2019), seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Dalam kaitan dengan pencarian pelatih baru Timnas Indonesia, Komite Eksekutif PSSI akan mendengarkan masukan dari Departemen Teknik PSSI. Selain itu, Ketua Umum PSSI juga akan mengundang dan menyerap aspirasi dari beberapa ahli pelatih yang ada di Indonesia.

"Kami akan mendiskusikan hal ini dengan terbuka," imbuh Mochamad Iriawan.

2 dari 2 halaman

Wajib Menang

Dua nama calon pengganti Simon McMenemy yang masuk pantauan PSSI adalah Luis Milla (Spanyol) dan Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Di sisi lain, Simon McMenemy mulai menangani Timnas Indonesia pada awal 2019. Mantan pelatih Bhayangkara FC itu dikontrak dua tahun hingga akhir Piala AFF 2020.

Eks pelatih Timnas Filipina itu telah memimpin Timnas Indonesi dalam tujuh pertandingan, perinciannya tiga laga uji coba internasional (FIFA Match Day) dan empat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, dari empat pertandingan di kualifikasi Piala Dunia 2022, Tim Garuda gagal total lantaran selalu menelan kekalahan, meski lawan yang dihadapi mayoritas merupakan sesama tim dari kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Alhasil, jika ingin perpisahan manis dengan Timnas Indonesia sekaligus menyalakan menjaga asa buat Tim Garuda, Simon McMenemy wajib memberikan kemenangan pada pertemuan kedua kontra Malaysia mendatang.

Sumber: PSSI

Video Populer

Foto Populer