Sukses


3 Motor Serangan Timnas Indonesia U-19 Saat Menekuk Timor Leste

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 berhasil memetik kemenangan dalam laga perdana penyisihan Grup K kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Tim Garuda menang 3-1 atas Timor Leste di Stadion Madya, Jakarta, Rabu malam (6/11/2019).

Sumbangan gol tim arahan Fakhri Husaini itu dicetak oleh pemain sayap Fajar Fathur (2' dan 76') dan David Maulana (61'). Gol balasan Timor Leste lahir lewat titik putih hasil eksekusi Mouzinho de Lima pada menit ke-50.

Kemenangan ini menjadi modal yang berharga buat Timnas Indonesia U-19 agar bisa tampil di Piala AFC U-19 2020. Sebab, mereka masih akan menghadapi dua tim tangguh Asia Timur.

Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan berjumpa Hong Kong (8/11/2019) dan Korea Utara (10/11/2019). Dua tim itu di atas kertas lebih berkualitas dari Timor Leste.

Hong Kong dan Korea Utara adalah kandidat kuat untuk lolos ke putaran final. Timnas Indonesia U-19 berusaha keras menjadi pesaing memperebutkan dua posisi teratas.

Kemenangan melawan Timor Leste sekilas tidak menjadi gambaran kesiapan Timnas Indonesia U-19 menghadapi dua negara itu. Tetapi, setidaknya David Maulana dkk. menjaga asa lolos dan meningkatkan kualitas permainan.

Terlepas dari peluang lolos, Timnas Indonesia U-19 telah menunjukkan permainan agresif kontra Timor Leste. Bola.com mencatat tiga pemain yang menjadi motor serangan di laga ini. Simak ulasannya:

2 dari 4 halaman

David Maulana

Pemain satu ini merupakan andalan pelatih Fakhri Husaini sejak masih bermain di Timnas Indonesia U-16 tahun lalu. Dia memiliki peran penting di lini tengah dan membawa timnas menjuarai Piala AFF U-16 2018 di Sidoarjo.

Masuk Timnas Indonesia U-19, dia masih menjabat sebagai kapten tim. David Maulana adalah pemain yang mampu membawa bola dan membaginya dengan rapi kepada temannya.

Satu gol ke gawang Timor Leste menunjukkan kualitasnya. Gol itu lahir sebelum dia mengirim umpan kepada Fajar Fathur, yang mengembalikan kepada David.

Dari luar kotak penalti, David lantas melepas tendangan keras. Bola sempat membentur pemain Timor Leste sebelum akhirnya menggoyangkan jala lawan.

3 dari 4 halaman

Fajar Fathur

Fajar Fathur adalah rekan satu tim David Maulana sejak di Timnas Indonesia U-16. Posisinya sebagai pemain sayap. Dia masih terus menjadi wakil pemain asal Papua untuk unjuk kemampuan.

Satu assist bagi gol David menunjukkan kecermatannya. Tetapi, jangan lupakan dua gol Timnas Indonesia U-19 yang dibukukan atas namanya. Meski bermain sebagai pemain sayap, dia tajam di kotak penalti.

Kecepatan Fajar Fathur mampu membuat pemain lawan kewalahan mengejar. Pemain satu ini juga dibekali kemampuan umpan yang akurat dan kerap menjadi serangan membahayakan terhadap lawan.

4 dari 4 halaman

Mochammad Supriadi

Penyerang sayap milik Persebaya sudah bukan rahasia lagi menjadi andalan tim arahan Fakhri Husaini. Dia adalah partner Fajar Fathur di sisi sayap dan bergantian mencari celah mencetak gol.

Supriadi membukukan satu assist untuk gol Fajar Fathur di laga ini. Dia melihat celah di lini belakang Timor Leste, yang kemudian diisi Fajar untuk mencetak gol keduanya

Pemain berusia 17 tahun itu tak kalah berkualitas dibanding Fajar Fathur. Kemampuannya menyisir dan mencoba merangsek ke pertahanan lawan sangat berguna untuk timnya memetik tiga poin.

Video Populer

Foto Populer