Sukses


Pelatih Timor Leste Dukung Shin Tae-yong Melatih Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Timor Leste U-19, Lee Ming-young, terkejut dengan rencana PSSI yang menjadikan Shin Tae-yong satu di antara kandidat juru taktik anyar Timnas Indonesia. Namun, Lee Ming-young, yakin kehadiran mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu bakal menaikkan level Tim Merah-Putih.

Rencana PSSI merekrut Shin Tae-yong menguat setelah secara resmi memutus kerja sama dengan Simon McMenemy pada Rabu (6/11/2019). Kabarnya, PSSI akan melakukan pertemuan dengan Shin Tae-yong di Kuala Lumpur setelah Timnas Indonesia menghadapi Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 202, 19 November 2019.

Lee Ming-young menyebut keputusan PSSI jika merekrut Shin Tae-yong, sudah tepat. Pelatih berusia 50 tahun itu diprediksi Lee Ming-young bakal membuat Timnas Indonesia sejajar dengan level Vietnam, bahkan melebihinya.

"Benarkah? Shin Tae-young pelatih Korea Selatan di Piala Dunia itu akan melatih di sini? Saya mengenalnya karena dia pernah melatih di Piala Dunia. Kalau Shin Tae-yong yang akan datang, dia akan menjadikan Timnas Indonesia tangguh seperti Vietnam, bahkan lebih tangguh," kata Lee Ming-young di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

"Pelatih dari Korea Selatan dan Jepang punya kualitas melatih yang bagus. Sebetulnya, bayaran pelatih Asia jika diberi tarif yang murah, tidak apa-apa. Saat ini mereka punya pengalaman yang sangat baik juga. Pengalaman yang akan ditularkan dan dijadikan pelajaran oleh pemainnya," ujar Lee Ming-young.

Selain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kabarnya juga sedang dilirik oleh salah satu klub Jepang. Namun, mengacu pada tantangan dan gengsi, diprediksi Shin Tae-yong bakal lebih memilih tawaran dari PSSI.

2 dari 2 halaman

Cocok dengan Karakter

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah tim dari negara ASEAN sudah menggunakan jasa pelatih Asia. Contohnya adalah Vietnam bersama Park Hang-seo (Korea Selatan), Thailand bersama Akira Nishino (Jepang), dan Singapura bersama Tatsuma Yoshida (Jepang).

Jika menjadi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong akan menjadi orang Asia kedua yang menduduki jabatan tertinggi sepak bola Tanah Air tersebut. Sebelumnya, Timnas Indonesia pernah diasuh pelatih Singapura Choo Seng Quee pada 1951-1953.

Video Populer

Foto Populer