Skenario Permainan PSS Tanpa Brian Ferreira di Sisa Shopee Liga 1 2019

Oleh Vincentius Atmaja pada 08 Nov 2019, 05:30 WIB
Brian Ferreira

Bola.com, Sleman - PSS Sleman seperti harus menelan pil pahit di sisa kompetisi Shopee Liga 1 2019. Tim Elang Jawa dipastikan tidak diperkuat satu di antara pemain bintangnya, Brian Ferreira, yang mengalami cedera.

Cedera organ dalam perutnya, memaksa pemain asal Argentina ini harus menyudahi Liga 1 2019 lebih cepat. Dampaknya, PSS Sleman harus bermain tanpa dirinya di tujuh pertandingan tersisa musim ini.

Mantan pemain Johor Darul Ta'zim juga segera kembali pulang ke Argentina untuk menjalani pemulihan cederanya.

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, mengungkapkan tak terlalu khawatir harus ditinggalkan Brian Ferreira menjelang berakhirnya kompetisi.

"Sesuai rekomendasi dari dokter tim, Brian memang tidak bisa bermain sampai akhir musim. Dia minta izin untuk kembali pulang ke Argentina dan saya pikir tidak masalah," ucap Seto Nurdiyantoro kepada Bola.com, Kamis (7/11/2019).

Seto sudah menyiapkan berbagai rencana dalam hal taktik permainan PSS tanpa Brian Ferreira dalam beberapa laga ke depan. PSSI masih memiliku deretan gelandang masih dimiliki PSS, semisal Dave Mustaine, Guilherme Batata, Haris Tuharea, Jefri Kurniawan, Sidik Saimima, Dave Mustaine, Wahyu Sukarta, dan Arsyad Yusgiantoro.

Mereka dapat mengisi peran yang ditinggalkan Brian sebagai pengatur serangan atau tempo permainan.

Meski memiliki pengaruh besar terhadap performa tim, tanpa diperkuat Brian Ferreira pun, PSS Sleman bisa meraih hasil positif seperti saat menekuk tuan rumah Persebaya Surabaya 2-3 (29/10/2019).

"Sebenarnya dengan ataupun tanpa Brian, kami pernah menang. Mungkin secara teknik bermain dia punya keunggulan. Sementara para gelandang yang saya miliki hampir semuanya stylish," beber Seto.

2 of 2

Maksimalkan Potensi

PSS Sleman, Brian Ferreira
Brian Ferreira saat menyampaikan ucapan perpisahan dengan pendukung PSS Sleman usai laga kontra Bali United di Stadion Maguwoharjo, Rabu (6/11/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Selain itu, PSS Sleman masih memiliki pemain yang berbakat lainnya di sektor gelandang, seperti duo pemain muda, Ocvian Chanigio serta Arif Satyayudha Alkanza. Keduanya mulai mendapat kepercayaan Seto untuk bermain.

"Kami maksimalkan pemain yang ada. Misalnya memang aman bertahan di Liga 1, bisa menjadi kesempatan pemain lain untuk menunjukkan potensi, seperti Yudha Alkanza, dia bagus dan bisa saja sepeti Brian. Hanya, mungkin sedikit kurang gizi," canda Seto Nurdiyantoro.

Setelah gagal mendulang poin penuh dalam dua laga terakhir, PSS punya persiapan cukup panjang melakoni pekan berikutnya. PSS dijadwalkan menjamu Borneo FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (20/11/2019).

"Seperti misalnya kemampuan Brian dalam menyerang bagus, tapi bertahannya kurang. Harapannya pemain lain bisa melengkapinya," ujar Seto.

Lanjutkan Membaca ↓