Milomir Seslija Vs Rasiman: Bukan Hanya Tentang Strategi dan Pengalaman

Oleh Iwan Setiawan pada 08 Nov 2019, 08:15 WIB
Arema FC Vs Madura United - Head to Head Pelatih

Bola.com, Malang - Pertemuan antara Arema FC dan Madura United sudah cukup sering terjadi. Dalam beberapa tahun terakhir, pertemuan dua klub Jawa Timur ini tergolong seru dan panas karena kedua tim memiliki target untuk berada di papan atas. Namun, untuk pertemuan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (8/11/2019), ada warna tersendiri, terutama dalam adu strategi kedua pelatih, Milomir Seslija dan Rasiman.

Pertandingan ini menjadi pertama kalinya Arema asuhan Milomir Seslija bertemu dengan Madura United racikan Rasiman. Pelatih Madura United ini memang sebelumnya hanya menjadi asisten pelatih. Sementara Milo memiliki pengalaman lebih banyak, di mana dia juga pernah menangani Madura United.

Namun, bukan berarti dalam ilmu kepelatihan Rasiman berada di bawah Milo. Rasiman memiliki pengalaman sebagai asisten pelatih di klub besar, seperti di T-Team, Malaysia, bersama Rahmad Darmawan, yang juga bersama di Sriwijaya FC.

Sejauh mana ketangguhan pola kepelatihan keduanya akan terlihat dalam pertandingan ini, di mana situasi kedua tim hampir sama. Arema FC dan Madura United sama-sama tengah kehilangan sejumlah pemain sehingga kedua pelatih ditantang bisa menjaga performa tim dengan kondisi tidak komplet.

“Saya rasa Madura United masih punya materi pemain yang bagus. Baik secara individual pemain maupun strategi,” kata Milo.

Ada kesan pelatih 55 tahun asal Bosnia ini menaruh respek tinggi kepada mantan tim sekaligus penerus posisinya di kursi kepelatihan.

Sebenarnya dari segi materi pemain, Madura United pasti lebih unggul. Sederet pemain papan atas dikumpulkan. Namun, top scorer musim lalu, Alexandar Rakic, absen dalam laga ini karena akumulasi kartu. Sementara putra kandung Rasiman, Syahrian Abimanyu, berada di Timnas Indonesia U-22. Belum lagi kondisi Beto Goncalves dan Diego Assis yang masih belum bisa dipastikan tampil.

Tapi, Rasiman tak ingin pesimis. Dia punya pegangan sederhana jelang melawan Arema.

“Kami baru saja kalah di kandang sendiri ketika melawan Persipura Jayapura. Itu bukan kekalahan pertama di kandang. Jadi prinsipnya, kami harus cari gantinya di luar kandang karena itu sudah sering kami lakukan,” jelas Rasiman.

Pertemuan ini juga bukan soal adu strategi antara Milomir Seslija dan Rasiman. Tapi, bagaimana Milo dan Rasiman bisa membangkitkan mental pemain setelah di luar dugaan sama-sama kalah di laga sebelumnya. Madura United dipermalukan Persipura di kandang sendiri. Sementara Arema takluk di kandang tim papan bawah Perseru Badak Lampung FC.

2 of 2

Video

Lanjutkan Membaca ↓