Prediksi Persija Vs Borneo FC: Operasi Jauhi Zona Degradasi Dimulai

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 11 Nov 2019, 06:30 WIB
Persija Jakarta vs Borneo FC

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta masih dibayang-bayangi hantu zona degradasi. Ismed Sofyan cs. rentan kembali ke tiga terbawah klasemen sementara setelah hanya berselisih tiga angka dari Persela Lamongan, yang ada di posisi ke-16.

Saat ini, tim ibu kota itu masih bercokol di peringkat ke-13 dengan 28 poin dari 25 pertandingan.

Untuk itu, Persija Jakarta tidak boleh tergelincir lagi baik di laga kandang maupun tandang.

Operasi menjauhi zona degradasi kembali dimulai saat menjamu Borneo FC pada partai tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019. Pertandingan bertajuk derbi oranye itu akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Senin (11/11/2019).

Pertandingan ini semesitnya digelar pada Juli 2019, namun mengalami penundaan karena Persija harus bertanding di Piala Indonesia 2018 dalam waktu yang berdekatan.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 2019 lantas menjadwal ulang laga hingga Oktober 2019, namun kembali mengalami perubahan jadwal karena tidak turunnya izin keamanan.

Persija punya bekal berharga untuk mengatasi Borneo FC setelah hanya sekali kalah dari lima pertandingan terakhir. Teraktual, tim berjulukan Macan Kemayoran itu menahan imbang 2-2 Semen Padang (7/11/2019).

Pelatih Persija Jakarta, Edson Tavares, kembali dapat memainkan Riko Simanjuntak setelah absen saat menghadapi Semen Padang. Top scorer sementara Liga 1 2019, Marko Simic, juga sedang haus gol. Pencetak 17 gol untuk tim ibu kota tersebut bakal diandalkan untuk meneror gawang lawan.

2 of 3

Borneo FC Inginkan Poin Penuh

Borneo FC
Pelatih Borneo FC, Mario Gomez, yakin timnya bisa membalas kekalahan dari Persija Jakarta pada leg kedua di Samarinda. (dok. Borneo FC)

Borneo FC, yang kini berada di posisi keempat, menolak untuk meremehkan Persija Jakarta. Buat tim beralias Pesut Etam ini, tim ibu kota tetap musuh yang kuat.

"Pertandingan nanti penting untuk kami karena Persija tim besar. Apalagi mereka akan bermain di kandang. Kami akan berusaha memberikan yang terbaik dan menargetkan tiga poin," tutur Mario Gomez, pelatih Borneo FC.

Di sisi lain, Pertemuan dengan Persija akan menjadi panggung emosional bagi gelandang Borneo FC, Renan Silva. Pemain asal Brasil itu turut terlibat dalam keberhasilan tim Macan Kemayoran merengkuh trofi Liga 1 2018.

"Laga melawan Persija saya pikir tidak akan mudah. Pertandingan akan berjalan baik ditambah atmosfer pertandingan juga bagus. Kami ingin menang, namun, Persija juga ingin menang untuk terus memperbaik posisi di klasemen," ucap Renan.

"Saat melawan Persija tentu saya punya perasaan bagus. Tapi, saya sekarang di Borneo FC. Musim lalu, saya sangat senang bermain di sana dan menjadi juara. Namun, sekarang Persija adalah lawan saya, dan saya ingin merebut tiga poin," jelasnya.

3 of 3

Prakiraan Susunan Pemain

Ismed Sofyan
Bek Persija, Ismed Sofyan saat merayakan gol ke gawang Borneo FC pada leg kedua semifinal Piala Indonesia. (Istimewa)

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (k); Ismed Sofyan, Xandao, Fachruddin Aryanto, Rezaldi Hehanussa (b); Sandi Sute, Rohit Chand, Joan Tomas (t); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (d)

Pelatih: Edson Tavares

Borneo FC (4-2-3-1): Gianluca Pandeynuwu (k); Makarius Suruan, Javlon Guseynov, Wildansyah, Abdul Rahman (b); Juan Alsina, Sultan Samma; Renan Silva, Muhammad Sihran, Terens Puhiri (t); Bruno Conti (d)

Pelatih: Mario Gomez

Lanjutkan Membaca ↓
Utang Budi David Villa pada Josep Guardiola