Motivasi Malaysia Bungkam Thailand dan Timnas Indonesia Melonjak Setelah Menekuk Tajikistan

Oleh Aning Jati pada 10 Nov 2019, 19:45 WIB
FOTO: Canda Tawa Warnai Latihan Malaysia Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas Malaysia berhasil mengalahkan Tajikistan 1-0 lewat gol Muhammad Safawi Rasid dalam laga persahabatan di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu malam (9/11/2019).

Laga ini sebagai pemanasan sebelum menjamu dua tim tetangga, Thailand dan Indonesia, dalam lanjutan penyisihan Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 14 dan 19 November 2019.

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, menyebut secara khusus kemenangan atas Tajikistan merupakan kemenangan pendongkrak motivasi buat tim asuhannya jelang menghadapi Thailand dan Indonesia.

"Saya pikir ini adalah kemenangan yang memotivasi tim. Tajikistan bukan tim yang mudah dikalahkan. Semua pemain kami bermain dengan baik ,meski beberapa dari mereka masih lelah," ujar Tan Cheng Hoe, dilansir dari New Straits Times.

"Tapi, saya percaya pemain bermain bagus, dan ini menjadi pertandingan terbaik tim sejauh ini, mengingat intensitas pertandingan," imbuh Tan Cheng Hoe.

Meski bukan berstatus laga resmi, pelatih berusia 51 tahun itu tetap bangga dengan kemenangan tim asuhannya mengingat Takijistan merupakan tim kuat. Setidaknya di atas Malaysia, jika mengacu ranking FIFA. Tajikistan ada di urutan ke-116 sedangkan Timnas Malaysia di peringkat ke-158.

Mayoritas pemain yang turun juga baru gabung dalam pemusatan latihan setelah menuntaskan Piala Malaysia pada 2 November lalu.

Uji coba melawan Tajikstan tentu menjadi ajang evaluasi dari sisi teknis buat Tan Cheng Hoe. Mantan pelatih Kedah FA itu menyoroti lini serang tim asuhannya. Ia meminta agar barisan penyerang Timnas Malaysia meningkatkan sentuhan pertama mereka.

2 of 2

Incar Kemenangan Beruntun

Timnas Indonesia Vs Malaysia
Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengamati anak asuhnya saat melawan Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Timnas Malaysia mengincar kemenangan beruntun pada dua partai kandang menjamu Thailand dan Indonesia.

Kemenangan atas dua negara tetangga itu tidak hanya akan menghidupkan kembali peluang Harimau Malaya untuk maju ke babak berikutnya, tetapi juga akan menebus dua kekalahan tipis yang dialami dalam tiga pertandingan pertama.

Timnas Malaysia kalah 1-2 dari Uni Emirat Arab di Stadion Bukit Jalil (10/9/2019) dan 0-1 dari Vietnam di Hanoi (10/10/2019). Hasilnya, mereka untuk sementara menduduki posisi keempat di klasemen Grup G mengumpulkan poin tiga dari tiga pertandingan.

Sumber: New Straits Times

Lanjutkan Membaca ↓